Keterampilan Berbahasa Indonesia : Menyimak

Artikel, Bahasa 0

Bahasa merupakan sarana alat untuk berkomunikasi antarmanusia, baik bahasa tulis maupun bahasa lisan. Bahasa dianggap sebagai alat yang sempurna yang mampu membawakan pemikiran dalam menuangkan sebuah gagasan. Maka dengan itu harus memiliki dan menguasai keterampilan dalam berbahasa.

Keterampilan berbahasa itu sendiri ada empat yaitu keterampilan mendengarkan atau menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Proses belajar berbahasa itu tak ubahnya seperti bayi yang baru lahir, tidak serta merta bisa mencapai titik puncak. Belajar bahasa itu ada beberapa tahapan, sehingga kita mengenal dalam bahasa khususnya Bahasa Indonesia yang dinamakan keterampilan berbahasa.

Di dalam kehidupan sehari-hari menyimak menduduki posisi yang paling banyak dibandingkan dengan kegiatan berbahasa lainnya, khususnya bagi sebagai  bagian dari bangsa ini yang masuk ke dalam bangsa yang konsumtif dan memiliki tradisi dengar ucap daripada baca tulis.

Kebiasaan peristiwa berbahasa seperti ini tidak hanya terjadi dalam kegiatan-kegiatan atau aktivitas umum saja tetapi dalam kegiatan pembelajaran juga menyimak masih menjadi andalan peserta didik. Hampir setengahnya lebih dari alokasi waktu yang tersedia digunakan oleh peserta didik untuk kegiatan menyimak atau mendengarkan.

Menyimak adalah aktivitas mental dalam menangkap bunyi, menafsirkan arti sehingga mencapai pemahaman, pertimbangan, dan tanggapan. Kemampuan menyimak ini bukan merupakan kemampuan yang mudah dimiliki, tanpa adanya suatu proses dan latihan. Dalam dunia pendidikan upaya menumbuhkan keterampilan menyimak dilakukan melalui proses kegiatan pembelajaran menyimak yang efektif.

bahasa

Keterampilan Berbahasa Menyimak

Kemampuan menyimak yang harus dimiliki peserta didik haruslah bertahap, mulai dari tahapan yang paling rendah sampai pada tahapan yang paling tinggi. Menurut seorang ahli (Logan dalam Wolvin : 1983) bahwa tahapan dalam menyimak ada empat tahap  yaitu (1) tahap mendengar (hearing), (2) tahap mentransmisi (understanding), (3) tahap menimbang (evaluating), (4) tahap membuat keputusan (responding).

Keterampilan menyimak dapat membentuk karakter peserta didik apabila menggunakan model pembelajaran yang tepat. Pemilihan model pembelajaran tergantung pada karakteristik materi yang akan diajarkan pada peserta didik. Selain memilih model pembelajaran , media juga harus dipilih secara tepat (audio atau audio visual) sehingga efektif dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Agar kita dapat menguasai keterampilan berbahasa dengan baik, kita di tuntut untuk mempelajarinya dan memahaminya dengan sebaik mungkin. Dan kita pecahkan masalah dalam ketrampilan berbahasa dengan solusi yang baik dan benar, sehingga kita dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik.

Dengan demikian keterampilan menyimak akan berhasil dengan baik jika pemilihan model dan media itu dengan tepat. Selain menjadikan peserta didik terampil juga bisa mengembangkan kepribadian  peserta didik.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply