Apresiasi Karya Sastra

Artikel, Sastra 0

 

apresiasi sastra

apresiasi karya sastra

Pengertian Apresiasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia istilah apresiasi adalah kesadaran terhadap nilai seni dan budaya; penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu. Sedangkan sastra adalah bahasa (kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari); kesusastraan; kitab suci Hindu, kitab ilmu pengetahuan;pustaka; primbon; tulisan huruf.

Bahkan ada yang beranggapan bahwa bahasa yang digunakan dalam sastra tidak sama dengan bahasa yang digunakan dalam bahasa sehari-hari. Dan juga dikatakan seorang penyair itu dianggap telah merusak bahasa.

Beberapa penyair yang mengatakan bahwa sastra adalah bentuk kesaksian penulisannya yang jujur, yang ditulis karena suatu dorongan yang bersifat rohani. Menulis sastra buat saya bukanlah semata-matakarena dorongan ingin memperoleh kepuasan batin, ini merupakan dorongan untuk membuat kesaksian (Ajip Rosidi dalam Proses Kreatif 1982:144).

 Sapardi Djoko Darmono pun berbicara : seperti anak kecil, saya asyik bermain-main dengan kata; dan sewaktu di dalamnya tersusun suatu peristiwa, saya pun terpesona oleh peristiwa itu sehingga apa di dalamnya terkandung makna atau tidak. Saya merasa akrab dengan dunia rekaan itu (Proses Kreatif 2009; 168-170).

Langkah-langkah Apresiasi

Adapun langkah-langkah dalam mengapresiasi karya sastra sebagai berikut :

Analisis

Suatu proses penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, berbuatan, dsb) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu untuk pemahaman arti keseluruhan, serta penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya.

Sintesis

Merupakan panduan (campuran) berbagai pengertian atau hal sehingga merupakan kesatuan yang serasi, penggabungan unsur-unsur untuk membentuk ujaran dengan menggunakan alat-alat bahasa yang ada.

Interpretasi

Sebagai pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoritis terhadap sesuatu atau merupakan suatu tafsiran.

Demikian pembahasan secara singkat tentang pengertian apresiasi sastra dan langkah-langkah dalam mengapresiasi karya sastra agar berjalan dengan maksimal sesuai harapan, semoga bermanfaat.

Tags:
Rate this article!
Apresiasi Karya Sastra,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply