Arti Kata Sifat (Adjektiva)

Bahasa 0
adjektiva

kata sifat-adjektiva

Adjektiva, orang juga sering menyebutnya dengan kata sifat atau kata keadaan adalah kata yang dipakai untuk mengungkapkan sifat atau keadaan, baik keadaan orang, benda, atau pun binatang.

Adjektiva memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Adjektiva dapat dapat diberi keterangan pembanding seperti : lebih, kurang, dan paling. (lebih kecil, kurang bagus, paling murah).
  2. Adjektiva dapat diberi keterangan penguat seperti : sangat, amat, benar, sekali, dan terlalu. (sangat cantik, amat jelek, pintar benar, murah sekali, terlau mahal).
  3. Adjektiva dapat dirangkai dengan kata ingkar : tidak (tidak pandai, tidak mahal, tidak murah).
  4. Adjektiva dapat diulang dengan awalan se- dan akhiranya –nya : sebaiknya, setinggi-tingginya, sebaik-baiknya.
  5. Adjektiva pada kata tertentudapat berakhirantara lain dengan –er, -(w)i, -iah, -if, -al, dan –ik. (honorer, duniawi, ilmiah, positif, formal, elektronik.

Pada umumnya adjektiva diletakkan di belakang yang diterangkan. Tatapi harus hati-hati terhadap kata lain yang dapat disisipkan di antara kedua kata itu yang dapat mengubah status hubungannya.

1.a. Baju hijau                        b. Motor tua                          c. Gedung mewah

2.a. Baju yang hijau              b. Motor yang tua                c. Gedung yang mewah

3.a. Baju itu hijau.                  b. Motor itu tua.                   c. Gedung itu mewah

Baju Ina Hijau.                       Motor Maman tua.              Gedung mereka tua.

Dalam contoh nomor (1) adjektiva hijau, tua, dan mewah berdiri langsung di belakang nomina baju, motor, gedung. Bentukan seperti itu bukan merupakan kalimat, tetapi merupakan sebuah frasa. Penyisisipan yang pada contoh nomor (2) tetap merupakan sebuah frasa. Tetapi sebaliknya dengan disisipkannya kata itu, Ina, Maman, mereka pada contoh nomor (3) rangkaian kata tersebut berubah statusnya menjadi kalimat.

Fungsi adjektiva adalah sebagai predikat dalam kalimat atau sebagai keterangan pada frasa nomina. Di bawah ini contoh adjektiva yang berfungsi sebagai predikat :

Gedung yang baru itu sangat megah.

Dalam contoh di atas megah adalah predikat. Dalam posisi itu adjektiva dapat memiliki pewatas sangat, kadang-kadang memakai pula kata adalah sebelum adjektiva.  Hal ini dilakukan apabila subjek atau predikatnya panjang.

Predikat adjektiva yang diawali adalah kadang-kadang dipakai pula diawal atau permulaan kalimat. Pada frasa nomina adjektiva memiliki fungsi atributif yaitu menerangkan nomina yang di depannya. Dalam fungsi seperti itu adjektiva dapat juga dipisahkan dari nomina dengan memakai kata yang.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply