Cara Bijak Mengakses Informasi Pembelajaran di Era Teknologi

Artikel, Pendidikan 0
teknologi

Cara Bijak Akses Informasi

Teknologi dalam perkembangannya turut mempengaruhi perkembangan dunia dalam berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan di Indonesia. Dalam dunia pendidikan teknologi sangat bermanfaat dalam menunjang dan mendukung kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran tanpa adanya dukungan teknologi, maka akan menjadi jauh ketinggalan.

Teknologi dalam dunia pendidikan merupakan suatu yang sangat penting  keberadaannya. Keberadaan teknologi di dunia pendidikan sendiri sejalan dengan transformasi pembelajaran di abad ke-21. Yang salah satu penerapannya, menurut  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, adalah dengan penggunaan komputer dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Bahkan sejak tahun lalu, Kemdikbud telah menerapkan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Para siswa harus bisa menggunakan komputer tidak hanya untuk ujian, tetapi dalam kegiatan sehari-hari juga terutama dalam pembelajaran harus mampu menggunakan komputer untuk mencari informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran.

Mendikbud mengingatkan, agar para siswa, dan masyarakat pada umumnya, harus berhati-hati menyikapi arus informasi yang begitu mudah diakses di tengah perkembangan teknologi. Karena otak manusia ibarat mesin pemindai (scanner) yang menerima jutaan informasi disaat bersamaan. Sementara itu, kemampuan konsentrasi kita tidak bisa dikembangkan dengan baik,” imbuhnya.

Setiap pembelajar perlu membekali dirinya sendiri dengan beberapa hal seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kemampuan berkomunikasi serta kerjasama. Keempat hal ini, kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik), Nizam. Keempat kemampuan itu nantinya akan dikembangkan melalui Kurikulum 2013.

Di sisi lain, meski penggunaan teknologi dalam mencari informasi pelajaran sudah diakrabi para pelajar, tetapi masih banyak guru yang masih gagap teknologi (gaptek). Padahal Kemdikbud sendiri rutin memberi pelatihan teknologi kepada para guru. Namun, pelatihan ini selalu terputus dan tidak ada tindak lanjut.

Di era sekarang hal ini perlu ditidaklanjuti agar ada keseimbangan antara guru dan siswa betul-betul menguasai teknologi. Sebagai seorang guru mestinya jadi yang terdepan dalam penguasaan teknologi tersebut. “Nyatanya, kebutuhan pelatihan teknologi bagi para guru sangat dibutuhkan mengingat perubahannya yang begitu cepat,” tandasnya.

Setidaknya jika semua komponen telah menguasai teknologi terutama bagi guru atau pengajar, maka dunia pendidikan akan semakin maju dan tidak ketinggalan oleh negara lain.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply