Cara Membawakan Acara

Bahasa 0
master of ceremony

Membawakan Acara

Pengertian Membawakan Acara

Acara adalah hal atau pokok yang akan dibicarakan. Membawakan acara berarti menyampaikan susunan acara kepada peserta atau hadirin yang mengikuti acara tersebut.

Dalam sebuah acara, peran seorang Master of Ceremony (MC) sangatlah penting. Istilah MC lebih dikenal dengan istilah Pembawa Acara. Menarik atau hidup tidaknya sebuah acara tergantung pada kemampuan MC dalam membawakan acara tersebut.

Tugas Seorang Master of Ceremony

Sebelum suatu acara dilaksanakan maka seorang MC harus melakukan tugas-tugas sebagai berikut : (1) Mempersiapkan atau menyusun acara, (2) Membuka acara, (3) Mengatur acara atau arus pembicaraan, (4) Mempersiapkan pengisi acara, (5) Memberikan ulasan, komentar terhadap acara atau pembicaraa (jika diperlukan), (6) Merangkum seluruh jalannya acara, dan (7) Menutup acara.

Secara garis besar susunan acara dapat dibedakan menjadi tiga yaitu pembukaan acara, inti acara, dan penutup acara.

A. Membuka Acara

Dalam membuka acara ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :

  1. Ucapan salam
  2. Sapaan hormat
  3. Puji syukur pada Tuhan
  4. Terima kasih kepada yang hadir
  5. Tujuan pertemuan
  6. Membacakan susunan acara
  7. Menyatakan acara dimulai dengan memimpin doa pembuka

B. Acara Inti

Setelah membuka pertemuan, tugas pembawa acara atau MC adalah memandu acara inti.

C. Menutup Acara

Jika acara telah selesai maka tugas utama seorang pembawa acara adalah merangkum jalannya acara atau hasil pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan menutup acara tersebut.

Tips Seorang Pembawa Acara

Di bawah ini adalah tips menjadi seorang pembawa acara agar dalam menjalankan tugas sebagai pembawa acara berjalan dengan lancar.

  1. Mempersiapkan susunan acara
  2. Mengecek kesiapan pihak-pihak yang akan mengisi acara
  3. Menggunakan bahasa yang komunikatif
  4. Berbicara dengan suara yang tepat dan jelas
  5. Jangan ada kesalahan dalam menyebut nama orang dan jabatan
  6. Berpenampilan menarik, namun tidak berlebihan
Contoh Susunan Acara

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua!

Yth. Bapak Kepala SMP Negeri 2 Sukadana

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati

Ketua Komite SMP Negeri 2 Sukadana yang saya hormati

Rekan-rekan yang saya banggakan,

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam rangka …, Sholawat dan salam kita limpah curahkan pada junjungan kita Habibana Wanabiana Muhammad saw …

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak-bapak, Ibu-ibu serta hadirin semua, memenuhi undangan kami. Tujuan  diadakan pertemuan ini adalah … Adapun susunan acara yang akan kita laksanakan dalam pertemuan ini adalah sebagai berikut :

Pertama adalah pembukaan. Kedua … Ketiga … dst. Dan terakhir, penutup.

Untuk memanfaatkan waktu, marilah kita mulai pertemuan kali ini dengan  ucapan basmalah. Semoga acara pada pertemuan ini dapat berjalan dengan lancar, tanpa kendala apapun. Amin.

Hadirin yang berbahagia,

Acara berikutnya adalah prakata panitia. Yth. Bapak … dipersilahkan. Terima kasih kepada Bapak … yang telah menyampaikan prakata selaku panitia penyelenggara.

Hadirin yang berbahagia,

Acara berikutnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan olek Kepala SMP Negeri 2 Sukadana. Yang terhormat Bapak … dipersilahkan. Demikian tadi telah kita ikuti bersama, sambutan …. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh Ketua Komite SMP Negeri 2 Sukadana. Yang terhormat Bapak … dipersilahkan. Terima kasih kepada  Bapak … yang telah menyampaikan sambutannya.

…, …, ….

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa acara demi acara telah berlangsung dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Sebelum kita akhiri pertemuan kita hari ini, perlu saya sampaikan hasil-hasil pertemuan, yang berhasil saya rangkum sebagai berikut …

Hadirin yang berbahagia,

Pada akhir pertemuan ini, saya selaku pembawa acara mohon maaf jika ada tutur kata saya yang tidak berkenan. Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak. Terima kasih, wassalamualaikum wr.wb.

Demikian pembahasan singkat artikel tentang membawakan suatu acara, tugas seorang pembawa acara, serta tips membawakan acara, semoga menjadi bahan referensi bagi kita semua.

Tags:
Rate this article!
Cara Membawakan Acara,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply