Cara Menggunakan Dan Merawat Aki Pada Semua Kendaraan Bermotor

Otomotif, Teknologi 0

 

Cara Menggunakan Dan Merawat Aki Pada Semua Kendaraan Bermotor

( cikancah – cyber ) Semua kendaraan bermotor membutuhkan energi listrik atau pengapian untuk menunjang kebutuhan listrik dari kendaraan tersebut, diantaranya paling utama energi listrik buat menghidupkan mesin itu sendiri. Mesin itu di samping untuk mendapatkan tenaga kuda juga identik mesin harus mendapatkan energi berupa ┬átambahan komponen Dynamo yang status kerjanya untuk mengeluarkan putaran energi listrik yang di salurkan ke bagian penempatan energi listrik atau ke Aki ( Batrei ) . Secara tidak langsung antara mesin dan aki tersebut saling membutuhkan satu sama lainnya.

Selain itu kegunaan dari aki sebagai energi untuk menghidupkan mesin, juga energi itu sangat berhubungan dengan komponen komponen lainnya yang membutuhkan energi listrik di kendaraan itu sendiri. Diantaranya untuk energi beragam lampu, klakson, atau Audio lainnya yang sudah berhubungan di kendaraan itu tersebut.

Maka dari itu janganlah menyepelekan aki atau Batrei pada sebuah kendaraan, karena fungsi dari aki itu sendiri banyak kegunaan energi listriknya untuk kendaraan itu tersebut. Ada dua macam aki yang kami tahu di Indonesia ini yaitu type aki kering dan aki basah istilahnya. Namun dari kedua jenis aki tersebut mungkin yang lebih banyak digunakan para konsumen adalah aki kering, karena dengan cara perawatannya sangat mudah sekali. Tidak seperti merawat aki yang basah atau aki yang ada airnya. Gunakan aki yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan tersebut, apabila menggunakan aki baru untuk sepeda Motor gunakanlah aki yang berkekuatan 6 volt,dan apabila sejenis Mobil kecil pakailah yang berukuran 12 volt, baik itu type aki basah ataupun kering karena kebutuhan dari energi kendaraan berbeda beda.

Aki kering perawatannya cukup hanya sering memeriksa kabel kabel saja yang menempel pada bagian ( + ) dan ( – ) saja apabila di antara kabel atau klem aki nya bermasalah. Kalau untuk type aki basah kita harus sering merawat dan memeriksa air aki minimal 2 minggu sekali apabila kendaraan tersebut sangat aktif kerjanya. Tambahkan air aki apabila ukuran air yang terlihat di samping kiri atau kanan aki tersebut di bawah garis LOW,dan tambahkan sejajar dengan garis FULL. ┬áDi anjurkan kalau pas menambahkan air aki harus posisi aki keadaan dingin, atau lebih baiknya pas pagi hari sebelum kendaraan itu di hidupkan. Pakailah air aki yang khusus untuk menambah yang biasanya kemasannya berwarna hijau atau biru. Gosok bagian atas elemen timah aki apabila kelihatan kotor, dengan baiknya menggunakan ampelas kasar atau bisa menggunakan sikat kawat.

Semoga tips sederhana di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua, kunjungi terus halaman kami…..

 

 

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply