Mendagri Terbitkan Kartu Identitas Anak (KIA)

Berita 0

 

(Cikancah-Cyber) –  Kartu Tanda Pengenal (KTP) kini bukan hanya milik orang dewasa atau sudah menikah tapi anak-anak pun diwajibkan memiliki Kartu Tanda Pengenal dan aturan ini akan diberlakukan mulai tahun 2016.  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri 2/2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA). Mulai tahun ini seluruh anak wajib memiliki KTP dalam bentuk Kartu Identitas Anak.

Kartu Identitas Anak (KIA) menjadi identitas resmi sebagai bukti anak yang berusia dibawah 17 tahun dan belum pernah menikah yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Tujuan diterbitkan Peraturan tersebut untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik sebagai upaya perlindungan dan pemenuhuan hak konstitusi sebagai warga nergara sesuai pasal 2 Permendagri.

Terdapat dua jenis KIA yang diterbitkan pemerintah, satu untuk usia 0 sampai 5 tahun dan yang kedua usia 5 sampai dengan 17 tahun. Untuk yang usia anak 0-5 tahun diterbitkan bersamaan dengan pembuatan akta kelahiran sedangkan usia 5 sampai 17 tahun harus menyertakan berbagai persyaratan yang resmi dan asli, seperti fotokopi kutipan akta kelahiran dan menunjukan akta kelahiran yang asli, kartu keluarga asli orang tua/wali, dan KTP asli kedua orang tuanya/wali.

Sedangkan bagi anak yang telah berusia 5 tahun tetapi belum memiliki KIA harus memenuhi persyaratan berupa  fotokopi kutipan akta kelahiran dan menunjukan akta kelahiran asli, KK asli orang tua/wali,  KTP asli kedua orangtuanya/wali, dan pas foto anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar.

Dengan diterbitkannya Kartu Identitas Anak ini diharapkan tertib administrasi kependudukan dapat terlaksana dan lebih memudahkan kontrol di masyarakat terutama yang menyangkut kependudukan.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply