Pemetaan 2.000 Desa Mandiri akan di Percepat

Berita, Lokal 0
potret desa

Ilustrasi Masyarakat Pedesaan

(Cikancah-Cyber) – Pemerintah lewat Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi mempercepat pendataan terhadap 5.000 desa tertinggal dan segera melakukan pemetaan terhadap  2.000 desa mandiri guna menunjang program percepatan pembangunan di desa-desa terpencil seluruh Indonesia.

“Sasaran pembangunan kita adalah berkurangnya jumlah desa tertinggal sedikitnya 5.000 desa, dan meningkatnya jumlah desa mandiri yang kita target sekitar 2.000 desa. Karena itu, kita lakukan percepatan penyediaan peta desa se-Indonesia,” ujar Menteri Marwan, di Jakarta, Senin (15/2).

Untuk menunjang program-program unggulan pemerintah dikabarkan akan melakukan kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dan rencananya akan dilakukan launching peta desa  pada tanggal 26 Februari 2016. Dengan adanya peta desa diharapkan kondisi atau potret masyarakat pedesaan dapat dengan mudah terakses. Jadi semua kondisi, kendala dan kebutuhan atas masyarakat di desa-desa dapat terlihat dan terpetakan dengan jelas sehingga dalam proses pembangunannya bisa lebih cepat dan tepat sasaran.

Menurut Kepala BIG, Priyadi Kardono, selain akan mengadakan launching peta desa, pihaknya juga akan melaksanakan seminar nasional di Yogyakarta pada  24 Februari 2016, yang akan diikuti oleh beberapa unsur seperti Kementerian dan Lembaga terkait, Media Massa, pemangku kepentingan, Perguruan Tinggi, pegawai pemerintah dan swasta.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply