Penyebab Dan Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Lag Dan Lemot

Aplikasi, Teknologi 0

Penyebab Dan Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Lag Dan Lemot – (Cikancah Cyber) Mungkin di antara para user android pernah mengalami hal seperti ini, masalah seperti ini memang sering menimpa bukan hanya kepada smartphone android low end, melainkan smartphone android high end juga sering mengalami hal seperti ini. Memang sangat jengkel sekali rasanya jika ponsel kita Lag atau hang, saat kita dalam keadaan buru-buru tapi malah ponsel kita gak bisa di ajak buru-buru, memang itu menjadi masalah yang umum untuk para pengguna hp dan masalahnya akan saya bahas di bawah ini.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Lag Dan Lemot

Dalam kasus ini bukan hanya untuk ponsel android saja, namun pada kali ini yang saya akan bahas khusus untuk para pengguna abdroid, sebab mengingat banyak nya pengguna android di tanah air kita ini. Jika saat anda membeli ponsel baru memang ponsel low end pun akan terasa nyaman dan tidak ada kata lag saat kita gunakan, namun seiring kita sering mengoprek ponsel kita sendiri dan sering instal aplikasi berlebih maka dari situ lah awal mula penyebab ponsel kita mengalami Lag. Lag terjadi jika memori aplikasi yang sudah di batas dari sana nya, misal space untuk kita menginstal aplikasi atau game hanya 1 GB misal, terus karena kita asik mengkoleksi game atau aplikasi maka tidak terasa sisa dari 1 GB tersebut tinggal 100 MB bahkan kurang, nah dari sana lah awal mula ponsel kita mengalami Lag di sebabkan karena memori aplikasi sudah hampir penuh dan menjadi berat untuk ponsel nya sendiri.

Perlu di ingat, memori aplikasi dan memori internal itu berbeda, misal memori internal kita 2 GB, maka penyimpanan untuk aplikasi atau game adalah kurang dari itu, misal ponsel saya saja memori internal nya 2 GB dan memori aplikasi nya hanya 900 MB, jika saya sisakan memori nya sekitar 100 MB bahkan kurang, maka ponsel saya sudah terasa sangat berat dan kadang lag, maka untuk mengatasi nya, hapus aplikasi yang menurut anda kurang penting, dan sisakan sekitar 250 MB, itu saran saya yang pertama. Jika penyimpanan aplikasi anda lebih besar atau lebih kecil dari itu, maka hitungan nya tinggal sisakan 1/4 dari keseluruhan memori aplikasi.

Untuk mengatasi ke tahap selanjutnya coba anda instal aplikasi pembersih, banyak sekali di playstore dan gratis, kalau saya sendiri menggunakan Clean Master, terserah anda mau pakai mana, namun saran saya gunakan aplikasi pembersih, karena dengan aplikasi tersebut akan membersihkan file-file yang tidak penting saat kita menjelajah di ponsel atau saat jelajah internet dll. Untuk tahap selanjut nya rajin-rajinlah membersihkan cookie dan chache saat kita selesai browsing, bermain game, atau membuka aplikasi yang berat dengan aplikasi pembersih tersebut,

Jadi intinya penyebab lag atau hang ponsel bukan karena ponsel kita yang murah, bahkan ponsel mahal saja jika penggunaan nya tidak teratur, seperti instal aplikasi yang tidak perlu, memori card atau memori internal penuh, maka sama saja akan mengalami lag bahkan hang. Jadi untuk permasalahan ponsel android sering lag adalah penggunaan memori dan penyimpanan lainnya yang melebihi batas kapasitas, demikianlah mengenai permasalahan ponsel android sering lag, dan mohon maap jika bahasa yang saya gunakan sangat sederhana, jika ada yang di tanyakan lagi silahkan untuk berkomentar di bawah.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply