Poster dan Slogan

Bahasa 0
poster dan slogan

poster dan slogan

POSTER

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sering melihat slogan dan poster yang dipasang di tempat-tempat umum. Jika kita perhatikan tema dari slogan dan poster tersebut sangatlah beragam, misalnya pendidikan, lingkungan, kesehatan ataupun yang lainnya, tujuan utamanya hanya satu yaitu menginformasikan, mensosialisasikan serta menghimbau masyarakat melalui media tersebut.

Poster adalah lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum yang biasanya disertai gambar. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan) dengan dan tulisan gambar yang mencolok.

Poster biasanya dipasang di tempat umum, seperti : terminal, stasiun, pasar, rumah sakit, dan sebagainya. Juga dapat ditempelkan di dinding atau tembok, ataupun  dipasang di pinggir-pinggir jalan.

Adapun Tujuan dari pemasangan poster yakni agar sesuatu yang ada dalam poster itu dapat diketahui umum. Menjadikan masyarakat umum tertarik untuk membeli, memakai, atau mengikuti isi poster tersebut.

Bahasa yang digunakan dalam poster adalah bahasa yang (1) Singkat, (2) Jelas, (3) Efektif, (4) Mudah dimengerti, dan (5) Menarik perhatian pembaca.

Prinsip penyusunan poster adalah (1) Kalimat dan gambar yang dipilih sesuai dengan tujuan penulisan poster, (2) Kalimat dalam poster bersifat mempengaruhi sehingga harus menggunakan kata yang menarik, (3) Kata-kata yang digunakan singkat dan padat agar orang lebih mudah mengingat dan mudah memahaminya dalam waktu yang singkat, (4) Dilengkapi dengan gambar agar dapat diketahui khalayak dengan cepat dan menarik. Gambar akan mendukung kalimat poster sehingga tidak perlu kalimat yang banyak gambar sudah mewakili poster itu sendiri.

Berdasarkan isinya, poster dibagi menjadi :

1. Poster niaga

Poster niaga adalah poster yang berhubungan dengan perdagangan yang bersifat menarik pembaca untuk membeli atau menggunakan suatu barang atau jasa.

2. Poster kegiatan

Poster kegiatan adalah poster yang bertujuan memberitahukan adanya suatu kegiatan dan mengajak pembaca mengikuti atau berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

3. Poster penerangan atau pendidikan

Poster penerangan atau pendidikan adalah poster yang bersifat mempengaruhi pembaca untuk melakukan atau tidak melakukan suatu perilaku tertentu.

4. Poster hiburan

Poster hiburan adalah poster yang berisi pemberitahuan adanya sesuatu hal yang bersifat hiburan.

SLOGAN

Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Bersifat untuk membangkitkan semangat suatu prinsip hidup. Kalimat yang digunakan dalam slogan adalah singkat, padat penuh makna.

Adapun tujuan dari slogan itu sendiri adalah :

  1. Menginformasikan suatu hal kepada masyarakat umum.
  2. Mempengaruhi individu/kelompok untuk melakukan sesuatu.
  3. Menghimbau individu/kelompok agar mau melakukan suatu hal.
  4. Memotivasi orang lain agar senantiasa semangat.
  5. Menyadarkan orang lain tentang suatu yang berbahaya.

Sedangkan ciri-ciri slogan sebagai berikut :

  1. Merupakan sebuah kata-kata, kalimat, frase ataupun motto.
  2. Merupakan sebuah gagasan/ide yang memiliki tujuan tertentu.
  3. Umumnya berisikan sesuatu yang singkat, menarik dan mudah diingat.
  4. Didalamnya berisikan informasi atau ajakan yang tersirat.
  5. Bisa berupa motto/semboyan dari individu atau organisasi.

Contoh slogan :

  1. Pemuda sehat, negara kuat.
  2. Sekali merdeka, tetap merdeka.
  3. Jagalah sehatmu sebelum sakitmu.
  4. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.
  5. Kelas bersih, hati jernih.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian  poster dan slogan, dari pembahasan ini semoga bisa memberikan informasi kepada semuanya.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
Poster dan Slogan,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply