Potensi Industri Digital Indonesia Akan Tembus USD 130 Miliar Pada 2020

Berita, Teknologi 0
Potensi Industri Digital Indonesia Akan Tembus USD 130 Miliar Pada 2020

Ilustrasi Untuk Aplikasi

(Cikancah-Cyber) РMenkominfo Rudiantara memperkirakan pertumbuhan industri yang berbasis digital akan mengalami pertumbuhan mencapai USD 130 Miliar di Indonesia pada tahun 2020. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam 10 bulan terakhir ini telah menyiapkan roadmap e-commerce Indonesia. Hal itu merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam pengembangan digital ekonomi di Indonesia.

Untuk diketahui semua bahwa Roadmap sudah selesai dan akan dituangkan kedalam perpres (peraturan presiden) dan pendanaannya dilakukan melalui KUR (kredit usaha rakyat),” ucap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang turut hadir dalam pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan Diaspora Indonesia di Auditorium Palace of Fine Arts, San Francisco, Selasa (16/2/2016).

Skema yang diberikan kepada anak-anak muda berbeda dari skema pembayaran KUR. Sehingga akan dikonversi menjadi venture capital dan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah turut mendukung skema ini “ujar Rudiantara”.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa saat ini peluang usaha bidang digital di Indonesia  memang sedang sangat terbuka luas. Berbagai aplikasi untuk masyarakat juga masih dibutuhkan, seperti aplikasi prakiraan cuaca untuk nelayan, petani dan juga aplikasi untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pemerintah lewat program KUR (kredit usaha rakyat) terutama khsusus para calon Technopreneurs diharapkan dapat menciptakan atau membuat aplikasi-aplikasi untuk mendukung program-program pemerintah dan demi memajukan atau mengotrol kondisi dilapangan sesuai fungsi dan kegunaannya, misal aplikasi¬†untuk pasar tradisional juga diperlukan, misalnya harga yang tinggi untuk suatu komoditi di suatu pasar dapat ditutup dengan mengirim suplai dari pasar lainnya. Kesempatan itu sekarang,” kata Jokowi.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply