Sang Inspirator dari Kota Kamogawa

Berita 0
yamato pemuda jepang

Yamato Sang Inspirator Pemuda Jepang

(Cikancah-Cyber) – Kisah Inspiratif dari seorang pemuda Jepang yang benama Yamato Okano. Dia salah satu pemuda yang mempunyai cita-cita luhur untuk memajukan tanah kelahirannya untuk lebih dikenal di mata wisatawan.

Nama daerah itu adalah Kamogawa sebuah kota yang letaknya disebelah tenggara Kota Tokyo Ibu Kota Jepang. Kamogawa merupakan kota yang penghasilan penduduknya berasal dari sektor pertanian, laut dan pariwisata.

Lama perjalanan darat ke Kota Kamogawa cukup ditempuh selama 2 jam, tidak jarang 3 juta wisatawan dari Asia berkunjung kesana. Data lain juga menyebutkan sebanyak 3000 orang wisatan mancanegara juga setiap tahunnya mengunjungi obyek-obyek yang ada di kota tersebut.

Berbeda dengan pemuda lain pada umumnya seorang Yamato Okano lebih berpikir kreatif dan berusaha mengembangkan semua potensi yang ada di tanah kelahirannya itu.  Jarak yang cukup dekat dengan Tokyo mengakibatkan sebagian besar pemuda kota itu beramai-ramai pergi ke Tokyo untuk mengadu nasib.

Melihat fenomena yang terjadi  seorang anak muda Yamato Okano ingin kota yang  indah tempat ia dibesarkan ini lebih dikenal dan memanggil kembali kaum mudanya untuk bersama-sama membangun kota ini.

Akhirnya Yamato membuat terobosan dalam mempromosikan daerahnya dengan membuat Kamonavi dan KamoZine. Kamonavi adalah situs yang memuat segala informasi mengenai kota Kamogawa dan bisa diakses melalui internet di www.kamonavi.jp. Usahanya dalam mewujudkan mimpi tidak hanya sampai disitu, Yamato melihat ada golongan masyarakat yang lebih gemar membaca daripada melihat internet, akhirnya dia juga menciptakan sebuah tabloid dengan isi 12 halaman dan terbit 3 kali dalam setahun dengan nama Kamozine. Oplahnya pun mencapai kisaran 30.000 eksemplar sekali terbitnya.
Yang mejadi luar biasa adalah tabloidnya itu bersih dari iklan-iklan yang sebenarnya menjadi ciri khas free magazine. Dia berusaha meyakinkan para pengusaha dan pemerintahnya untuk berpromosi dengan media yang ia kelola. Kalau sebelumnya mereka berpromosi dengan cara masing-masing sekarang setelah ada tabloid dan media online tersebut mereka jadi terkoordinir dalam dua media dengan jangkauan yang lebih luas.

Yamato berharap  perusahaan-perusahaan dan pemerintah daerah Kamogawa ikut serta membantu membangun kota ini sehingga berbagai potensi wisata, pertanian dan laut dapat lebih maju dengan informasi-informasi akurat dan menarik melalui KamoNavi dan Kamozine.

Cerita ini bisa menjadi inspirasi bagi para pemuda di Indonesia mengingat sekarang pertumbuhan penduduk di kota-kota besar sudah sangat mengkhawatirkan dengan berbagai permasalahan yang ada.

Beberapa tempat yang dipromosikan oleh Yamato dalam tabloid dan media online nya.

kamogawa 1kamogawa 2kamogawa 3

kamogawa 4kamogawa 5kamogawa 6

Dengan tulisan ini diharapkan para pemuda lebih memilih untuk mengembangkan usaha didaerahnya masing-masing dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah. Niscaya selain penganguran dapat dikurangi kesenjangan sosialpun dapat ditekan apabila para pemuda bisa mengembangkan daerahnya masing-masing.

Tags:

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply