Terjadi Peningkatan Penderita DBD di Kab. Ciamis

Berita, Lokal 0
pengasapan

Pengasapan Salah Satu Cara Mencegah Penyebaran DBD

(Cikancah-Cyber) – Kasus penderita DBD di wilayah Kab. Ciamis menurut data dari Dinas Kesehatan Kab. Ciamis mengalami peningkatan pada bulan Januari ini, sampai akhir Januari tercatat sekitar 78 kasus penderita di wilayah tatar galuh Ciamis.

Pemerintah daerah Kab. Ciamis telah menghimbau warganya untuk memutus rantai peredaran nyamuk aedes aegyti dengan cara memberantas mulai dari tempat-tempat yang berpotensi bersarang dan bertelurnya nyamuk. Dengan program 3M pemerintah Kab. Ciamis melalui Dinas Kesehatan berharap kesadaran dan partisipasi warga terhadap pencegahan penyebaran nyamuk Aedes Aegypti tersebut.

Fogging atau pengasapan juga dilakukan dan dipimpin langsung oleh Bupati  Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin di tempat-tempat atau pemukiman warga yang berpotensi tersebarnya nyamuk tersebut, seperti yang dilakukan di wilayah Maleber. Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Engkan Iskandar) pengasapan sebenarnya hanya membunuh nyamuk dewasa, sementara jentiknya sendiri harus diberantas dengan dibersihkan dengan cara 3M tadi.

Temuan kasus DBD bulan Januari 2016, paling banyak dirawat di Puskesmas Ciamis sebanyak 18 pasien, Puskesmas Banjarsari 11 pasien, Puskesmas Sukadana 10 penderita,. Kemudian Puskesmas Lumbung 7 pasien dan Puskesmas Cisaga 5 penderita. Kaus yang palig tinggi angka penderitanya dikarenakan kondisi penduduknya yang lebih padat dibanding daerah lainnya.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply