Tindak Kejahatan Berupa Penipuan Terjadi Di Desa Bunter

Berita, Kriminal, Lokal 0
ilustrasi maling

Ilustrasi Maling

Pura-pura Jadi Petugas PLN

(Cikancah-Cyber) – Tindak kejahatan sekarang tidak lagi identik dengan kota besar atau daerah yang memang rawan kejahatan seperti tempat-tempat umum lainnya.Kejadian tindak kejahatan terjadi di wilayah Dusun Desa, Desa Bunter Kec. Sukadana Kab. Ciamis salah satu keluarga (Bpk. S) Jumat, 12/02/2016 menjadi korban penipuan yang berpura- pura sebagai petugas PLN dengan modus melakukan pengecekan listrik ke rumah penduduk. Mereka berhasil mengambil uang sekitar tiga ratus ribu rupiah.

Modus yang dijalankan tergolong unik dan nekad, mereka berdua menggunakan sepeda motor pada siang hari dan sebelumnya mereka mengecek nama pemilik rumah sesuai data dari PLN, setelah itu mereka meminta kepada calon korban untuk keluar rumah dengan dalih akan melakukan pengecekan jalur listrik alasannya takut terjadi korsleting jadi harus menghindar dari dalam rumah. Alasan yang nyeleneh dan tidak masuk akal kejadian sebenarnya mereka mencari barang-barang berharga berupa Hp, perhiasan, Uang atau barang berharga lainnya yang bisa mereka bawa tanpa terlihat atau mencurigakan si pemilik rumah.

Cara Antisipasi Terhadap Tindak Kejahatan Penipuan :

  1. Jangan Mudah Percaya Kepada Orang yang tidak kita Kenal
  2. Tanyakan dengan detil Asal dan Mintalah Identitas atau Surat Tugasnya
  3. Perhatikan Gerak-geriknya apabila lebih satu orang jangan fokus terhadap satu orang saja
  4. Apabila ada perintah/pertanyaan yang terasa janggal atau aneh cari bantuan dengan cara menghubungi tetangga terdekat
  5. Laporkan setiap ada kejadian atau hal-hal yang mencurigakan kepada petugas RT setempat atau perangkat lainnya (Terutama Kepolisian)
  6. Jangan Biarkan Orang tidak dikenal masuk ke rumah kita tanpa didampingi
  7. Selalu bersikap tenang dan waspada
  8. Hati-hati dalam mengambil tindakan jangan sampai mereka menaruh curiga
  9. Siapkan selalu nomor telepon penting, terutama Polsek terdekat

Semoga hal-hal seperti itu tidak terulang lagi di tempat-tempat lainnya terutama di wilayah Desa Bunter dan dengan cara kita mengantisipasi segala kemungkinan sejak dini itu sedikit banyak dapat membantu mempersempit ruang gerak para pelaku tindak kejahatan.  Cobalah kita lebih peka dan responsive terhadap hal-hal yang mencurigakan, gerakan lagi Siskamling dilingkungan masing-masing, Jalin Komunikasi yang baik antar tetangga baik yang sudah lama atau yang baru kenal.

Fungsikan semua elemen yang ada di masyarakat mulai dari Petugas Ronda, Pertahanan Sipil (Hansip) bahkan libatkan  Karang Taruna demi ikut menjaga lingkungan dan gunakan kemajuan Teknologi  terutama Media Sosial untuk memberian informasi yang tepat, cepat dan akurat terhadap kejadian-kejadian disekitar kita.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply