Topan Berkecepatan 325 km/jam Terjang Fiji

Berita 0
Topan Berkecepatan 325km/jam Terjang Fiji

Putaran Topan Wiston di Kawasan Laut Pasifik (nasa.gov)

(Cikancah-Cyber) – Bencana Badai Tropis Wiston menerjang pulau Pasifik, Fiji. Terjangan topan tersebut telah menjadikan beberapa desa terisolir karena putusnya aliran listrik dan sarana komuikasi.

Kepulauan yang terdiri dari sekitar 300 pulau itu terserang bencana hebat berupa badai tropis Winston pada Sabtu, yang menghembuskan angin secepat 230 kilometer per jam yang meningkat sampai 325km/jam. Badai itu telah menghancurkan sejumlah desa terpencil dan menewaskan setidak-tidaknya lima orang. Angin kencang dan hujan lebat merusak sejumlah rumah dan memutus aliran listrik, air dan komunikasi di penjuru negara berpenduduk sekitar 900.000 orang itu “seperti yang dikutip dari Reuters”.

Pemerintah Fiji melalui Perdana Menteri Frank Bainimarama memastikan jumlah korban tewas dan menyatakan siaga darurat negeri selama 30 hari, dengan semua sekolah diperintahkan tutup dan perintah tetap berada di dalam rumah diperpanjang hingga Senin pagi.

Diperkirakan jumlah korban tewas akibat terjangan badai dahsyat tersebut akan terus bertambah, sementara beberapa negara siap memberikan bantuan kemanusian termasuk Australia¬†menawarkan untuk mengirimkan sebuah pesawat P-3 Orion untuk membantu, dan diperkirakan sekitar 1.200 warga Australia sedang berada di Fiji meskipun terdapat kemungkinan jumlahnya akan membesar ” Ujar Menlu Australia¬†Julie Bishop”.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply