10 Tempat Lain Yang Wajib Anda Kunjungi Di Yogyakarta

Wisata 0
10 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Di Yogyakarta

Tugu Melambangkan Manunggaling Kawula Gusti

(Cikancah-Cyber) – Ada niat berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta? kalau kita membahas Yogyakarta tentu tidak akan ada habisnya. Menghadapi musim liburan anak sekolah dipastikan Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata bagi sekolah-sekolah terutama yang berada di pulau Jawa. Hampir setiap tahunnya agenda sekolah dalam liburan tidak pernah melewatkan Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata.

Dengan berbagai keunggulanya, Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar juga sangat pantas bila sekolah-sekolah merekomendasikan paket wisatanya ke Yogyakarta. Selain terdapat tempat-tempat bersejarah dan candi-candi yang menjadi daya tarik, Yogyakarta juga menyimpan banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Dari puluhan tempat yang sangat menarik kita coba bahas dalam kisaran 10 tempat yang wajib anda kunjungi bila berlibur ke Yogyakarta.

1.Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi ini terletak di desa Hargobinangun, Sleman berjarak sekitar lima kilometer bangunannya yang berbentuk travesium dan berlatar belakang Gunung Merapi ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena didalamnya akan disuguhkan berbagai cerita mulai dari replika, foto-foto dan bagaimana dahsyatnya ledakan Merapi. Rekam jejak gunung Merapi dapat anda saksikan diteater mini lewat film pendek yang berdurasi 24 menit. Bagi anda yang penasaran dengan keberadaan Gunung Merapi dengan segala cerita didalamnya Museum ini layak jadi salahsatu agenda anda dalam berwisata ke Yogyakarta.

2. Taman Sari

Istana air yang sangat menakjubkan dan menyimpan banyak cerita serta misteri sejak dibangun, merupakan tempat yang sangat unik dan berarsitektur kuno dengan sejuta kemegahan dan nilai-nilai luhur yang tertanam didalamnya. Letak Taman Sari sangat berdekatan dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari alun-alun utara keraton Taman Sari sendiri dulunya merupakan tempat bersemedi sekaligus sebagai benteng pertahanan terakhir apabila diserang oleh musuh dan Taman Sari dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Sekarang, Istana Air Taman Sari merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang telah menjadi tempat tujuan wisata populer di Yogyakarta.

3. Prawirotaman

Kampung yang sering dijuluki “Kampung Internasional” ini dulunya merupakan tempat berkumpulnya para pejuang kemerdekaan. Prawirotaman juga terkenal dengan kampung batik dan penginapan murah yang mendunia. Dengan berbagai bentuk atau design bangunan mulai dari Jawa Klasik sampai modern terdapat di area yang masih dikelola oleh satu keturunan ini.

Bagi anda yang mungkin bingung mau menginap dimana, daerah ini sangat cocok karena selain tarif penginapannya sangat terjankau didalamnya juga sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas atau sarana bagi siapa saja yang bertandang kesana, mulai dari cafe, resto, warnet, artshop, agen travel dan fasilitas lainnya lengkap tersaji di kampung yang berada sekitara 5 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

4. Tugu Yogyakarta

Tugu yang menjadi ikon atau landmark kota Yogyakarta ini sangat terkenal dan menarik wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, Bangunan yang terletak di tengah-tengah kota ini berada di antara  perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu Yogyakarta yang melambangkan Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan kini merupakan tempat tujuan wisatawan apabila berkunjung ke Yogyakarta dan pasti ber selfie dengan latar belakang Tugu tersebut.

5. Taman Pintar Yogyakarta

Tempat ini sangat cocok bagi siswa-siswa sekolah yang berlibur ke Yogyakarta, karena didalamnya terdapat berbagai permainan yang mengedukasi buat anak-anak mulai dari Koridor Air, ada Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum batu, Tapak pintar, Desaku Permai, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan Istana Pasir. Semua itu dibuat semenarik mungkin agar anak-anak tertarik dengan dunia sains dan teknologi. Taman Pintar Yogyakarta ini teretak di Jl. Panembahan Senopati 1-3 Yogyakarta.

6. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Tempat yang berjarak sekitar 4 kilometer dari pantai  Parangtritis ini layak bagi anda yang ingin melepas penat dengan berbagai kesibukan di kota-kota besar yang setiap harinya disuguhi dengan beton-beton dan bangunan pencakar langit. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi dengan berbagai suguhan ala desa dan kearifan lokal yang selalu terjaga, disini juga bisa melihat bergagai cara unik menanam pohon sampai ritual persembahan 3 buah buku yang masih layak untuk dibaca dan dipersembahkan bagi sebuah perpustakaan, maka anda kan mendapat hadiah berupa minuman dan makanan tradisional serta merchandise gratis, unik bukan.  Anda juga disuguhkan berbagai bentuk bangunan yang terbuat dari bambu dan kayu, bahkan pohon-pohon jati digunakan sebagai tiang penyangga ini menambah unik dan sangat mengedukasi bagi para pengunjung desa ini.

Didesa ini juga anda tidak perlu khawatir untuk menginap karena terdapat cottage, camping ground dan tenda-tenda yang bisa anda sewa.

7. De Mata Trick Eye Museum

Bagi anda yang menyukai berbagai trik dan tipuan mata sepertinya tempat ini salah satu yang wajib anda kunjungi bila berkunjung ke Yogyakarta, tempat ini berada di XT Square Gedung UmarKayam, Lantai Basement, Jalan Veteran, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak kurang dari 120 gambar 3 dimensi yang bisa menipu mata dengan berbagai latar atau gambar bisa menjadi tempat berfoto-foto bagi anda dan keluarga.

Museum ini memang lain daripada Museum pada umumnya yang hanya bisa melihat dan menikmati benda-benda bersejarah didalamnya, De Mata ditujukan memang untuk kegiatan berfoto ria atau narsis dengan berbagai gambar 3 dimensi yang sangat baik dan bisa menipu mata kita. Tidak heran tempat ini selalu dipadati oleh pengunjung dan mereka rela antri demi mendapatkan gambar yang terbaik dengan latar belakang yang unik.

Tempat ini juga dilengkapi fasilitas wifi gratis yang memungkinkan anda bisa segera memuat foto-foto tadi di sosial media. Bagaimana anda tertarik bukan?.

8. Sosrokusuman

Anda mungkin mengira kampung ini berada jauh dari pusat keramaian kota Yogyakarta, dan ternyata kampung Sosrokusuman ini letaknya bersebelahan dengan pusat perbelanjaan modern yakni Malioboro Mall. Didalamnya dapat anda jumpai warung-warung kecil dengan jajanan tradisional khas Yogyakarta dan beberapa tempat penginapan murah serta tempat belanja oleh-oleh khas Yogyakarta juga tersedia di kawasan ini.

Kampung ini juga menyuguhkan berbagai kesenian seperti Mural dan Wayang Kancil yang sangat terkenal itu. Pusat Souvenir khas Yogyakarta juga dapat anda bawa pulang dari kampung Sosrokusuman yang menghubungkan Jl. Malioboro dan Jl. Mataram ini.

9. Alun-alun Kidul

Bagi anda yang ingin melepas penat dimalam hari, area alun-alun Kidul ini bisa mejadi alternatif. Dulunya halaman belakang Keraton Yogyakarta ini tempat menyepi tetapi seiring dengan perkembangan zaman tempat ini sekarang menjadi pusat keramaian bagi wisatawan atau penduduk setempat untuk sekedar melepas penat dan bercengkrama bersama keluarga atau teman.

Disana juga dapat dijumpai berbagai kudapan khas Yogyakarta yang bisa dinikmati apalagi dengan suasana lampu-lampu yang berwarna warni disaat malam tiba. Dengan keramahan para penduduknya menjadikan Alun-alun kidul ini sangat digemari para pelancong atau wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Dengan ikon dua buah pohon beringin besar disana sering dilakukan Masangin atau masuk diantara dua beringin dan permainan ini biasanya dilakukan oleh penduduk disana dengan cara menutup mata dan berusaha berjalan lurus dari depan Sasono Hingil menuju tenga-tengah atau masuk diantara dua pohon beringin tadi, meskipun jarakya sekitar 20 meter tetapi kenyataanya banyak yang sulit untuk bisa lurus dan masuk diantara dua pohon tersebut. Alun-alun Kidul ini menjadi alternatif tempat melepas penat yang murah meriah dengan sejuta cerita yang bisa anda bawa pulang.

10. Museum Sandi

Satu-satuya Museum kriptografi yang berada di Indonesia terletak di Jl. Faridan M. Noto No. 21 Kotabaru Yogyakarta  ini dibuka untuk umum dan yang menarik dari museum ini adalah didalamnya terdapat diorama dan beberapa code sandi yang pernah ada dan dipergunakan dimasanya, terutama saat perang dunia 1 dan 2.

Didalamnya juga kita bisa mengetahui dan mengenal sosok  dr. Roebiono Kertopati, sang Bapak Persandian Negara Republik Indonesia. Beberapa ruangan menampilkan berbagai benda bersejarah dalam dunia persandian Indonesia, seperti buku sandi, sepeda onthel para kurir, dan lain-lain.

Itulah tempat alternatif lain bila anda berkunjung ke Yogyakarta dan ingin mencari suasana atau tempat-tempat yang belum anda kunjungi sebelumnya. Diatas merupakan 10 tempat yang mungkin salah satunya belum pernah anda kunjungi diantara tempat-tempat yang sudah popular di Yogyakarta.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply