Antonim dan Sinonim

Bahasa 0

sinonim antonim

Sinonim dan Antonim

SINONIM

Sinonim adalah dua kata atau lebih yang memiliki makna yang sama atau hampir sama. Ciri bahwa suatu itu bersinonim adalah kemampuan yang saling menggantikan.

Contoh :

  1. Wajah Tiara ceria sekali hari ini.
  2. Wajah Tiara cerah sekali hari ini.
  3. Anggota DPR mencela kelambanan pemerintah pusat dalam menangani musibah gempa bumi.
  4. Anggota DPR mengkritik kelambanan pemerintah pusat dalam menangani musibah gempa bumi.

Kata cerah dan ceria dalam kalimat di atas bersinonim. Keduanya saling menggantikan. Kata mencela dan mengkritik dalam kalimat di atas dalam saling menggantikan, Karena itu keduanya besinonim.

Namun demikian, perlu dicatat bahwa pertalian antara kata-kata itu tidak selamanya kompak. Dalam konteks lain, kata-kata tersebut bisa menjadi berlainan makna. Perhatikan contoh di bawah ini :

  1. Hari ini langit sangat cerah.
  2. hari ini langit sangat ceria.

Dalam kalimat tersebut, kata ceria tidak dapat menggantikan kata cerah. Dengan demikian, kedua kata tersebut tidak lagi bersinonim.

ANTONIM

Antonim adalah pertalian antara dua kata atau lebih yang maknanya saling berlawanan atau saling bertentangan. Ada tiga jenis antonim, yaitu :

  1. Jenis I

Sebagaimana yang diperhatikan oleh pasangan kata hidup-mati. Cirinya bila salah satu disangkal, artinya sama dengan yang lainnya. Bila dikatakan tidak hidup,sama artinya dengan mati. Demikian pula dengan sebaliknya. Bila dikatakan tidak mati, artinya hidup.

  1. Jenis II

Sebagaimana yang diperlihatkan oleh pasangan kata pintar-bodoh. Cirinya bila salah satu disangkal, belum tentu artinya sama dengan yang lain. Bila dikatakan tidak pintar, belum tentu artinya bodoh. Bisa juga hal itu berarti jenius atau agak pintar.

  1. Jenis III

Sebagaimana yang diperlihatkan oleh pasangan kata suami-isteri. Cirinya yang satu menjadi syarat bagi yang lainnya. Seseorang bisa disebut suami apabila ia memiliki isteri. Demikian pula sebaliknya, seorang wanita tidak bisa disebut isteri apabila masih lajang atau sendirian.

Itulah artikel tentangsinonim dan antonim beserta contohnya dalam kalimat semoga menambah wawasan kita semua.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
Antonim dan Sinonim,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply