Cara Menemukan Gagasan Utama Paragraf

Bahasa 0
gagasan utama

Cara Menemukan Gagasan Utama

Pengertian

Kegiatan membaca dapat mendatangkan banyak manfaat. Dengan membaca bisa membuka wawasan dan cakrawala dunia. Demikian ungkapan yang sering  kita dengar dalam keseharian. Memahami teks bacaan berarti mampu menemukan gagasan utamanya dalam bacaan tersebut.

Cara menemukan gagasan utama itu sangatlah mudah yaitu dengan cara mencari pokok permasalahan yang dituangkan dalam paragraf tersebut. Gagasan utama adalah gagasan pokok. Letak gagasan utama yakni pada kalimat utama ada yang diawal, diakhir, dan bahkan diawal dan diakhir paragraf.

Ciri Kalimat Utama

  1. Mengandung topik permasalahan yang dapat dijabarkan lebih lanjut.
  2. Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
  3. Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
  4. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
  5. Pada paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata-kata kunci berikut ini :

Sebagai kesimpulan, Yang penting, oleh karena itu, Jadi, Oleh sebab itu, Dengan demikian

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menemukan gagasan utama dalam sebuah bacaan yaitu :

1. Paragraf

Paragraf merupakan inti penuangan buah pikiran dalam sebuah karangan. Di dalam paragraf itu terkandung satu gagasan yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut. Setiap paragraf terdiri dari kalimat utama atau kalimat topik dan kalimat penjelas.

2. Syarat-syarat pembentukan paragraf

a. Kesatuan

Setiap paragraf hanya mengandung satu gagasan pokok. Fungsi paragraf adalah menegembangkan gagasan pokok tersebut. Kalimat dalam paragraf tersebut harus mendukung gagasan pokok.

b. Kepaduan

Syarat kedua pengembangan paragraf adalah kepaduan atau koherensi. Satu paragraf dibangun oleh kalimat yang mempunyai hubungan timbal balik.

c. Kelengkapan

Salah satu syarat yang juga penting adalah kelengkapan. Satu paragraf dikatakan lengkap jika berisi kalimat-kalimat penjelas yang cukup untuk menunjang kejelasan kalimat utama.

Contoh Menemukan Gagasan Utama

Solo merupakan kota yang dijuluki kota batik. Hampir semua orang mengenal batik. Bahkan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela pun sangat suka memakai batik. Batik hanya ditemukan di kota ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkanal. Motif batik sangat beragam, ada udan liris, kawung, sidomukti, parang kembang, parang klitik, dan banyak lagi. Jika Anda menginginkan batik, datang saja ke kota ini. Anda dapat langsung menuju Pasar Klewer, pusat penjualan batik yang terkenal itu. (Sumber Buku Bahasa Indonesia).

Dari teks bacaan di atas dapat ditemukan gagasan utama dan gagasan penjelasnya yaitu :

Gagasan Utama                                           Gagasan Penjelas

Solo dijuluki kota batik.

1. Semua orang mengenal batik.

2. Produk rumahan atau pabrik terkenal.

3. Macam-macam motif batik.

4. Pusat penjualan di Pasar Klewer.

Itulah artikel tentang cara menemukan gagasan utama dalam sebuah bacaan beserta contohnya dan ciri-ciri kalimat utama. Semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply