Cara Pemenggalan Kata

Bahasa 0

eyd

Cara Pemenggalan Kata

Pemenggalan Kata dalam bahasa Indonesia itu dapat dilakukan dengan berbagai cara atau dalam berbagai bentuk yaitu :

a. Pemenggalan kata pada kata dasar dilakukan sebagai berikut :

1. Jika di tengah kata ada vokal yang berurutan, pemenggalan itu dilakukan di antara kedua huruf vokal itu. Contoh : bu-ah, ma-in, sa-at.

Huruf diftong ai, au, oi tidak pernah diceraikan, sehingga pemenggalan tidak dilakukan di antara kedua huruf vokal itu.

2. Jika di tengah kata ada huruf konsonan, termasuk gabungan- huruf konsonan, di antara dua huruf vokal, pemenggalan dilakukan sebelum huruf konsonan. Contoh : ka-wan, la-wan, ba-pak.

3. Jika di tengah kata ada dua huruf konsonan yang berurutan, pemenggalan dilakukan di antara kedua huruf konsonan itu. Gabungan huruf-huruf konsonan tidak dilakukan pemenggalan. Contoh : swas-ta, cap-lok, bang-sa.

4. Jika di tengah kata ada tiga buah huruf konsonan atau lebih, pemenggalan dilakukan di antara huruf konsonan yang pertama dan huruf konsonan yang kedua. Contoh : in-stru-men, bang-krut, ikh-las.

b. Imbuhan akhiran dan imbuhan awalan, termasuk awalan yang mengalami perubahan bentuk seta partikel yang biasanya ditulis serangkai dengan kata dasarnya, dapat dipenggal pada pergantian baris. Contoh : pergi-lah, makan-an, mem-bantu.

Bentuk dasar pada kata turunan tidak dipenggal, begitu pula akhiran –i tidak dipenggal. Tetapi pada kata yang berimbuhan sisipan pemenggalan kata dilakukan sebagai berikut ge-li-gi, si-nam-bung, te-lun-juk.

c. Jika suatu kata terdiri atas lebih dari satu unsur dan salah satu unsur itu dapat bergabung dengan unsur lain, pemenggalan dapat dilakukan (1) di antara unsur-unsur itu (2) pada unsur gabungan itu sesuai dengan kaidah bagian 1 (satu) di atas.

Contoh :     kilo-meter, ki-lo-me-ter

                       pasca-panen, pas-ca-pa-nen

                       bio-grafi, bi-o-gra-fi

                       foto-grafi, fo-to-gra-fi

                       intro-speksi, in-tro-spek-si

Nama orang, badan hukum, dan nama diri yang lain disesuaikan dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan kecuali jika ada pertimbangan khusus.

Demikian artikel tentang tata cara pemenggalan kata dalam bahasa Indonesia, semoga bisa menjadikan bahan referensi bagi kita semua.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
Cara Pemenggalan Kata,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply