Contoh dan Pengertian Pidato

Bahasa 0
pidato

Pidato

Pengertian Pidato

Pada dasarnya pidato, ceramah, sambutan, dan khotbah memiliki pengertian yang sama yaitu suatu kegiatan berbicara di depan khalayak atau massa. Istilah lain dari pidato adalah Orasi. Tetapi dalam penggunaannya istilah-istilah itu memiliki bidang-bidang tertentu atau bidang tersendiri.

Istilah pidato digunakan dalam bidang pemerintahan atau kenegaraan. Pidato disampaikan oleh para pejabat publik. Sedangkan sambutan digunakan dalam pembukaan suatu acara seremonial atau upacara. Baik pidato maupun sambutan disampaikan dalam suatu acara resmi. Menggunakan bahasa yang baku dan biasanya ada teks tertulisnya.

Ceramah digunakan dalam bidang pengajaran atau disampaikan dalam suatu ulasan untuk memperluas wawasan. Dan khotbah digunakan dalam bidang keagamaan yang disampaikan oleh para pemuka atau pemimpin agama.

Tujuan Pidato

secara umum tujuan pidato adalah mengajak, mempengaruhi orang lain agar mengikuti apa yang disampaikan, memberikan informasi kepada pendengar.

Sistematika Pidato

Agar dalam pembuatan naskah pidato itu baik maka harus memperhatikan sistematika pembuatannya. Adapun sistematika teks sebuah pidato adalah sebagai berikut :

(1) Salam pembuka, (2) salam hormat atau salam keakraban pada pendengar, (3) penyampaian pendahuluan atau pembuka yang berisi puji syukur kepada Tuhan, ungkapan terima kasih, serta ungkapan kegembiraan, (4) penyampaian isi pidato, (5) penyampain penutup yang berisi kesimpulan, penyampaian harapan, saran atau anjuran, ajakan kepada pendengar, dan (6) salam penutup.

Metode Pidato

Dalam berpidato perlu memperhatikan metode yang akan digunakan. Ada beberapa metode yang sering digunakan dalam berpidato, yakni :

  • Metode Impromto

Adalah pidato yang dilakukan secara mendadak atau spontanitas tanpa adanya persiapan terlebih dahulu.

  • Metode Menghafal

Adalah pidato yang membuat persiapan secara lengkap dalam bentuk teks atau naskah terlebih dahulu. Naskah yang telah dibuat itu kemudian dihafal kata demi kata.

  • Metode Naskah

Adalah dengan menggunakan atau membacakan naskah atau teks yang telah dipersiapkan sebelumnya.

  • Metode Ekstemporan

Adalah pidato dengan membuat persiapan naskah, kemudian membuat catatan-catatan penting, serta urutan-urutan pokok permasalahan yang akan disampaikan.

Tips Berpidato

Etika dalam berpidato juga merupakan hal yang penting yang perlu diperhatikan. Karena dengan memperhatikan etika tersebut pidato akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu maka ketika berpidato harus memperhatikan tips di bawah ini :

(1) Berpenanpilan rapi dan bersih, (2) bersikap rendah hati, (3) tidak bernada menggurui, (4) tidak melontarkan perkataan SARA, (5) sisipkan humor atau anekdot yang relevan dengan tema pidato, (6) gunakan berbagai ungkapan atau kiasan, (7) jalin kontak mata dengan pendengar, dan (8) suara harus jelasĀ  dan tidak membosankan.

Kalau semua komponen di atas diperhatikan, maka seseorang akan mampu membawakan pidatonya dengan menarik. Demikian semoga bermanfaat.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply