Contoh Diskusi, Jenis, dan Unsur Diskusi

Bahasa 0
diskusi

Model Diskusi

Pengertian Diskusi

Diskusi adalah merupakan bentuk komunikasi dua arah antara dua orang atau lebih dalam bentuk tukar pikiran atau pembicaraan secara teratur dan terarah mengenai suatu masalah untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Adapun tujuan dari diskusi sendidi adalah untuk memecahkan masalah dalam mencapai suatu tujuan atau suatu kesepakatan.

Manfaat Diskusi

Manfaat diskusi adalah sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan sikap demokrasi
  2. Pengujian sikap toleransi
  3. Pengembangan kebebasan pribadi
  4. Pengembangan latihan berpikir.
  5. Menambah pengetahuan dan pengalaman

Unsur-unsur Diskusi

Diskusi akan berjalan dengan baik apabila memenuhi unsur-unsur diskusi sebagai berikut, yaitu adanya moderator, notulis, penyaji, dan adanya peserta diskusi.

Moderator

Tugas dan fungsi seorang moderato dalam diskusi , yakni (1) Mempersiapkan topik, (2) Membuka diskusi, (3) Mengendalikan dan mengatur jalannya diskusi, (4) Memelihara ketertiban, (5) Memberi kesempatan kepada peserta untuk berpartisipasi, (6) Mengumumkan hasil diskusi, (7) Demokratis, dan (8) Tegas dan berwibawa

Notulis

Sedangkan tugas seorang notulis dalam diskusi adalah : (1) Mencatat semua hal penting dalam diskusi, (2) Mencatat nama peserta diskusi, (3) Mencatat pendapat dan sanggahan peserta diskusi, (4) Membuat kesimpulan diskusi, dan (5) Membuat laporan diskusi secara lengkap.

Peserta

Di bawah ini adalah tugas peserta diskusi, (1) Berperan aktif mengikuti diskusi, (2) Bertanggung jawab terhadap terlaksanannya diskusi, dan (3) Menjaga suasana kondusif. Sedangkan syarat-syarat seorang peserta diskusi adalah berbicara jika pemimpin diskusi mempersilahkan, berpendapat harus ditunjang dengan  fakta, contoh dan pendapat  para ahli, mengikuti jalannya diskusi dengan penuh perhatian, dan memahami dan menghormati pendapat orang lain.

Seorang peserta diskusi mengemukakan jika ingin mengemukakan pendapat maka harus dengan bahasa yang baik dan sopan dan logis, pendapat harus mengena pada pokok masalah yang dibahas, jangan memaksakan pendapat, dan jangan pernah menjelekkan pendapat orang lain.

Penyaji

Tugas dan fungsi seorang penyaji dalam diskusi sebagai berikut (1) Menyampaikan masalah, (2) Membahas permasalahan secara objektif dan terbuka, (3) Menerima sanggahan dan pendapat peserta diskusi.

Jenis-jenis Diskusi

 

Diskusi Panel

Diskusi panel adalah diskusi yang diikuti oleh oleh seorang moderator dua sampai empat orang pembicara dan diikuti oleh banyak peserta untuk memberikan pemahaman tentang suatu masalah.

Lokakarya atau Workshop

Lokakarya atau Workshop adalah bentuk diskusi khusus yang dihadiri oleh sekelompok orang yang pekerjaannya sejenis untuk mengevaluasi tekhnis dalam pekerjaan.

Rapat

Rapat adalah jenis kegiatan diskusi untuk membahas  program kerja agar sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Simposium

Simposium adalah diskusi yang diikuti oleh seorang moderator beberapa orang pembicara, dan banyak peserta, serta kadang-kadang diikuti  oleh peninjau yang tujuannya untuk membekali peserta dengan sejumlah materi.

Demikian informasi tentang Pengertian Diskusi, Unsur & Macam-Macam Diskusi. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. (cikancah-cyber).

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply