Contoh Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi dan Persuasi

Bahasa 0
narasi

Karangan Narasi, Deskripsi, Argumentasi

Bentuk karangan berdasarkan gagasan yang dikemukakan atau tekhnik pemaparan gagasan dapat dibagi menjadi narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.

Narasi

Narasi adalah karangan yang menceritakan sesuatu yang terdiri dari kumpulan peristiwa yang disusun secara kronologis (menurut urutan waktu) sehingga menjadi rangkaian peristiwa. Yang tergolong ke dalam narasi adalah novel, cerpen, kisah perjalanan, anekdot,dan lai-lain.

Contohnya : Saya cepat merasakan ada kesalahan. Seorang petugas saya tanyai. Ternyata saya harus kembali ke pintu bersinar x yang telah saya lewati tadi. Akan tetapi,untuk mencapai terminal, saya harus naik bus yang sudah menunggu di bawah terminal. Kalau saya jalan kaki , saya butuh waktu satu jam. Saya agak panik juga. Pesawat ke Singapura take off pukul 15.15, sedangkan pukul 14.30 saya masih di terminal. Saya langsung lari menuruti petunjuk petugas untuk mengejar bus yang ada di bawah terminal.

Deskripsi

Deskripsi adalah karangan yang menggambarkan atau melukiskan suatu tempat, keadaan, atau benda dengan cara merangsang indra pembaca sehingga pembaca menikmati atau melihat sendiri apa yang digambarkan tersebut.

Contoh : Ruang tempat kami bekerja tidaklah luas, hanya berukuran 7x 40 m, meja berjajar teratur ke belakang. Pada dinding depan tergantung papan pengumuman ukuran 2 x 3 m. Dua lukisan mengapitnya. Di sebelah kiri gambar foto wakil presiden dan di sebelah kanan gambar foto presiden. Meja pimpinan terdapat di pojok kiri. Alasnya berwarna sangat cerah. Kami selalu meletakkan bunga yang segar dalam pot di atas meja itu. Di sebelah kiri terdapat jendela besar yang memasukkan cahaya matahari dan udara segar ke dalamruangan. Dindingnya polos, tiada hiasan kecuali kalender di dekat jendela. Akan tetapi, di dinding sebelah kanan penuh dengan lukisan yang bergantung dengan rapi.

Eksposisi

Eksposisi adalah jenis karangan yang memaparkan suatu keadaan, proses, atau suatu masalah sejelas-jelasnya. Tujuan karangan eksposisi ini adalah untuk memeberikan informasi atau penjelasan kepada pembaca dengan cara mengembangkan gagasan.

Contoh : Gangguan pada mata bisa terjadi karena pengaruh dari luar maupun dari dalam. Gangguan dari luar, misalnya terkena sengatan matahari, Televisi, Komputer, percikan api, zat kimia, semprotan antihama, infeksi melalui debu, berenang, dan lain-lain. Mata juga bisa rusak karena pengaruh dari dalam,misalnya kekurangan vitamin A. Efek samping obat juga bisa menyebabkan kerusakan pada mata.

Argumentasi

Argumentasi adalah karangan yang mengemukakan sesuatu dengan memberikan alasan, contoh, dan bukti yang kuat sehingga pembaca terpengaruh dan membenarkan pendapat, gagasan, dan keyakinan tersebut.

Contoh : Nilai nominal suatu saham adalah nilai seperti tercantum pada saham itu. Jika perusahaan mengeluarkan sahamitu makin maju, harga sahamnya di pasaran dapat menjadi lebih tinggi. Perusahaan yang go publik menganggap perusahaannya maju.  Oleh karena itu, perusahaan tersebut merasakan berhak menjual sahamnya  lebih tinggi daripada nilai nomonalnya. Seberapa tinggi harga penjualan saham itu bergantung pada perhitungan perusahaan tersebut. Inilah yang dinamakan harga perdana yaitu harga pertama kali ditawarkan kepada masyarakat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply