Daftar 30 Ikon Kuliner Indonesia di Luar Negeri

Berita, Kuliner, Makanan 0
Daftar 30 Ikon Kuliner Indonesia di Luar Negeri

Gado-gado termasuk kedalam 30 ikon kuliner ini akan menjadi bahan diplomasi kita dan ini sudah mulai dilakukan sejak akhir tahun lalu,” kata Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus dan Konvensi Incentive Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ahyarudin di Jakarta, beberapa waktu lalu.

(Cikancah-Cyber) – Indonesia yang terkenal dengan berbagai kekayaan budaya dan alamnya ikut mempengaruhi berbagaijenis khas kuliner dari berbagai daerah di seluruh nusantara. Ini menjadikan Indonesia sebagai surganya para penikmat kuliner terutama yang menjadi khas dari setiap daerah.

Pemerintah Indonesia berusaha mengelompokan ikon kuliner nusantara untuk bahan diplomasi karena akan selalu tersaji dalam setiap jamuan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam berbagai acara.

Berikut daftar 30 Ikon kuliner Indonesia : Nasi Tumpeng, Ayam Panggang Bumbu Rujak Yogyakarta, Gado-Gado Jakarta, Nasi Goreng Kampung, Serabi Bandung, Sarikayo Minangkabau, Es Dawet Ayu Banjarnegara, Urap Sayuran Yogyakarta, Sayur Nangka Kapau, Lunpia Semarang, Nagasari Yogyakarta, Kue Lumpur Jakarta, Soto Ayam Lamongan, Rawon Surabaya, Asinan Jakarta, dan Sate Ayam Madura.

Lainnya adalah Sate Maranggi Purwakarta, Klappertaart Manado, Tahu Telur Surabaya, Sate Lilit Bali, Rendang Padang, Orak-Arik Buncis Solo, Pindang Patin Palembang, Nasi Liwet Solo, Es Bir Pletok Jakarta, Kolak Pisang Ubi Bandung, Ayam Goreng Lengkuas Bandung, Laksa Bogor, Kunyit Asam Solo, dan Asam Padeh Tongkol Padang.

Dalam menentukan  30 ikon kuliner tradisional itu diawali dengan mendaftar kekayaan budaya kuliner tradisional yang diwariskan secara turun-menurun hingga mencapai keberadaannya samapai sekarang.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply