Efek Terlalu Sering Menggunakan Cotton Buds Bagi Pendengaran

Artikel, Kesehatan 0
Efek Terlalu Sering Menggunakan Cotton Buds Bagi Pendengaran

Hati-hati Terlalu Sering Menggunakan Cotton Buds

(Cikancah-Cyber) – Kebiasaan mengorek kuping dengan cotton buds memang sangat nikmat dan mengasikan, terlebih apabila didalam kuping sudah terasa gatal maka cotton buds lah satu-satunya solusi penolong untuk menghilangkan rasa gatal tadi.

Tetapi hati-hati ternyata beberapa pakar kesehatan mengingatkan akan bahaya atau terlalu sering membersihkan telinga dengan berbagai alat atau cotton buds sekalipun. Bahaya bisa menyebabkan kurang pendenganran akibat selaput tipis didalam kuping (gedang telinga) kita terluka atau tergores saat kita mengoreknya terlalu dalam.

Selaput tipis itu sering disebut juga dengan istilah gendang telinga dan apabila gendang telinga terganggu dan tidak bergetar lagi dipastikan kita akan mengalami kesulitan dalam pendengaran. Sebenarnya menurut beberapa ahli THT meskipun kita tidak membersihkan kotoran pada kuping pada intinya kuping bagian dalam itu bisa dengan sendirinya atau otomatis membersihkan kotoran yang berlebihan.

Apabila kita terlalu sering membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton buds atau alat lainnya sebenarnya dapat mengganggu sistem pembersih pada telinga kita. Jadi sebainya hindari penggunaan cotton buds secara berlebihan dan kalau memang ada kotoran yang menganggu dan berlebihan segera minta tolong sama dokter ahli THT untuk penanganan secara tepat.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply