Fakta Menarik dari Istilah Masuk Angin

Artikel, Kesehatan 0
Fakta Menarik dari Istilah Masuk Angin

Olahraga Salah Satu Pencegah Masuk Angin

(Cikancah-Cyber) – Gejala pusing, mual dan perut kembung itu tandanya masuk angin. Pemikiran seperti itu hampir sama bagi masyarakat Indonesia dan nama Masuk Angin ini menjadi istilah yang sangat popular dikalangan masyarakat kita.

Padalah penyakit jenis ini sepertinya menjadi khas asal Indonesia, karena di negara lain tidak mengenal istilah masuk angin ini. Bahkan menurut dunia kedokteran yang didapat dari berbagai sumber sebetulnya tidak mengenal istilah masuk angin.

“Istilah masuk angin tidak ada dalam literatur kedokteran. Jadi, masuk angin itu hanya sebutan orang Indonesia bagi kumpulan berbagai gejala penyakit ,” kata Dr. Mulia (ahli penyakit dalam) dari Rumah Sakit Indah Kapuk.

Datangnya masuk angin menimbulkan gejala yang berbeda, dan itu biasanya juga cara penanganan atau penyembuhannya juga berbeda-beda tetapi yang menjadi ciri khas kalau orang itu merasa masuk angin maka dia berusaha menyembuhkannya dengan cara di kerok.

Kerokan dianggap cara paling ampuh untuk mengusir masuk angin. Padahal, jika gejala yang dirasa berupa perut kembung akibat telat makan, kerokan tentunya tak akan membantu menyembuhkan penyakit kembung tadi.

Kerokan sendiri tidak dianjurkan menurut dunia medis, sebaiknya kalau merasakan gejala seperti masuk angin yang paling aman memang harus pergi ke dokter untuk diperiksa dahulu sehingga bisa ditangani dengan tepat dan obatnya pun tidak sembarangan minum.

Tetapi balik lagi terhadap kebiasaan dan mitos yang berkembang di masyarakat Indonesia, sampai-sampai perusahaan jamu pun mengeluarkan varian obat untuk yang namanya masuk angin. Padahal mungkin istilah masuk angin itu tidak populer tadinya di dunia kedokteran. (dari berbagai sumber)

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply