Fakta Menarik Dari Sayuran Kentang Buat Anak

Artikel, Kesehatan 0

potato 1potato2

(Cikancah-Cyber) – Jenis Sayuran Kentang ternyata sangat baik buat perkembangan anak, terbukti sayuran jenis ini mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Kentang juga mengandung karbohidrat dan serat sehingga sangat baik buat tubuh.

Penyajian kentang sangat beragam tergantung selera kita mau dibuat apa, ada yang dibuat keripik atau kentang goreng tetapi kentang juga bisa dicampur dengan sayuran lain sehingga lebih variatif rasanya.

Banyak sekali manfaat dari sayuran kentang terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Advances in Nutrition mengungkapkan bahwa satu buah kentang dapat memberikan sekitar 8% dari nilai harian serat setiap harinya.
Nilai tersebut sudah memenuhi standar yang ditetapkan Dietery Reference Intake (DRI) atau acuan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Padahal, menurut penelitian ini juga, sayuran yang dikonsumsi anak-anak terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan serat dan kalium.

Kebanyakan orang tua tidak sadar atau memahami akan asupan gizi yang diperlukan anaknya. Apakah sudah terpenuhi belum unsur serat dan kaliumnya yang menjadi dua hal penting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Serat dan Kalium yang terkandung dalam sayuran Kentang sangat baik juga buat saluran pencernaan si Anak serta Kalium sendiri berguna untuk kekuatan tulang serta menjaga terhadap fungsi ototnya.

Pada perkembangannya banyak anak justru menyisakan makanannya yang berjenis sayuran termasuk Kentang kalau sehabis makan. Berarti dia tidak tahu akan pentingnya asupan gizi bagi tubuhnya dan itu bisa disebabkan karena orang tua sendiri tidak pernah memberi penjelasan mengenai hal tersebut.

Kandungan karbohidrat pada kentang membuatnya menjadi sumber energi yang baik, bahkan untuk bayi. Namun karena kandungan kalorinya yang tinggi, ada baiknya memberikan kentang pada anak pada usia 7-10 bulan.

Selain itu, kentang juga bisa membantu mencegah fermentasi usus dan membantu perkembangan bakteri baik.

Kentang juga bermanfaat bagi perlindungan kulit, berkat kandungan vitamin C, zat pati, dan enzim-enzim di dalamnya. Bila Kentang ini dibuat jus, kadar alkalinya memiliki fungsi sebagai antiseptik untuk melawan kulit yang mati. Sehingga, sel-sel kulit mati mudah dikelupas dan meninggalkan kulit baru yang sehat.

Sekarang kita sebagai orang tua harus mencoba memberikan pengetahuan atau buat kebiasaan si kecil mau mengkonsumsi makanan sehat termasuk Kentang tadi yang terbukti sangat kaya akan manfaat dan asupan gizi bagi tubuh.

Makanya kalau sudah terbiasa dari kecil, si anak tidak akan canggung lagi untuk menkonsumsi sayuran dan itu akan menjadi kebiasaan yang positif.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply