Hari Perempuan Sedunia : Sudah Merdeka kah Perempuan Indonesia?

Berita 0
kekerasan perempuan

Ilustrasi

(Cikancah-Cyber) – Pada hari ini tepatnya 8 Maret 2016 seluruh dunia memperingatinya sebagai hari perempuan sedunia. Berbagai kegiatan dan harapan para perempuan didunia tergambar dari beberapa aksi yang diselenggaran oleh beberapa komunitas dan organisasi termasuk juga di Indonesia.

Ucapan selamatpun mengalir tidak hanya dari berbagai komunitas atau organisasi perempuan tetapi Presiden Joko Widodo juga berpesan lewat akun Twitternya dengan menyerukan tidak ada lagi diskriminasi serta kekerasan pada perempuan.

Untuk diketahui bahwa Hari Perempuan sedunia lahir di New York, Amerika Serikat pada 8 Marat 1857 yang berawal dari kejadian akibat kondisi buruk yang dialami para buruh perempuan di pabrik garmen, mulai dari kasus diskriminasi serta pengupahan yang tidak sesuai maka mereka melakukan aksi unjuk rasa yang berakhir rusuh dan aparat keamanan membubarkan demontrasi dengan cara refresif.

Di Indonesia juga masih terjadi beberapa kasus yang menyangkut hak-hak perempuan yang belum terpenuhi, mulai kasus perlindungan PRT baik di dalam maupun yang menjadi TKI di luar negeri. Beberapa organisasi perempuan juga menuntut adanya kepastian hukum untuk melindungi kaum perempuan dalam berbagai profesi.

Perempuan Indonesia pun masih sering menerima perlakuan diskriminasi dan tindak kekerasan terutama dilingkungan terdekatnya yakni keluarga, tidak jarang berita-berita kekerasan terhadap perempuan sering menghiasi berita-berita di media. Berbagai isu ketimpangan terhadap perempuan juga menjadi isu utama dalam peringatan hari perempuan tahun ini. Semoga perempuan Indonesia dapat menemukan hak-hak dan kemerdekaanya yang selama ini diidam-idamkan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply