Industri Kelapa Mengalami Krisis Bahan Baku

Berita 0
Industri Kelapa Mengalami Krisis Bahan Baku

Kemarau Mempengaruhi Produk Kelapa Dalam Negeri

(Cikancah-Cyber) – Seperti yang diungkapkan oleh Vice Chairman HIPKI (Himpunan Pengolahan Kelapa Indonesia) Amrizal Idroes di Jakarta, Rabu 24/3/2016 bahwa sekarang industri pengolahan kelapa kekurangan bahan baku akibat banyaknya ekspor kelapa keluar negeri sementara kebutuhan didalam negeri sendiri berkisar diangka 7,5 miliar butir per tahun.

Menurut data yang kami dapatkan ada penurunan jumlah setahun terakhir yang sebelumnya mencapai angka 15 miliar butir yang dihasilkan dari para petani mengalami penurunan menjadi 10,5 miliar butir itu dikarenakan Indonesia mengalami musim kemarau yang cukup panjang dan ini mengakibatkan menurunnya hasil kelapa di seluruh daerah di Indonesia.

Indonesia memang terkenal dengan produk kelapanya dan hampir disetiap daerah di negeri ini menghasilkan kelapa, itu mengakibatkan beberapa negara juga berburu kelapa ke Indonesia, sebut saja Thailand, Tingkok bahkan Amerika dan Eropa pun yang memang kekuranga bahan baku kelapa banyak mendatangkan dari Indonesia untuk memenuhi kebutuhan didalam negerinya.

Untuk mengatasi hal tersebut Amrizal juga merekomendasikan untuk menghentikan ekspor kelapa ke beberapa negara baik legal maupun ilegal, dan diberlakukannya bea keluar untuk kelapa serta mendaftar secara jeas eksportir kelapa di dalam negeri. Hal ini diharapkan dapat mengamankan industri kelapa didalam negeri.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply