Ireng Maulana Meninggal : Dunia Jazz Indonesia Berduka

Uncategorized 0
Ireng Maulana Meninggal : Dunia Jazz Indonesia Berduka

Ireng Maulana (gitar) Foto : Istimewa

(Cikancah-Cyber) РDunia hiburan Indonesia berduka dengan meninggalkannya musisi jazz kenamaan dan cukup melegenda yaitu Ireng Maulana. Ireng Maulana meninggal pada usia 71 tahun. Ireng Maulana yang mempunyai nama asli Eugene Lodewijk Willem Maulana meninggal pada pukul 00.25 WIB Minggu,06/3/2016.

Ireng maulana yang merupakan putra dari pasangan Max Maulana dan Georgiana Sensoe sejak kecil sudah menunjukkan bakat bermusiknya dengan piawai memainkan piano. Nama Ireng pun disematkan semenjak masih kanak-kanak.

Ireng Maulana mendirikan grup musik pada tahun 1978 dengan nama Ireng Maulana Allstars. Dengan menggandeng 8 anggota personilnya yang terdiri dari  Benny Likumahuwa (trombone), Hendra Wijaya (piano), Maryono (saksofon), Benny Mustapha (drum), Karim Tes (terompet), Roni, (bas), dan Ireng Maulana sendiri pada gitar dan banjo. Sejak itu Ireng Maulana sering mengisi berbagai acara terutama di televisi nasional yang memang pada waktu itu satu-satunya sarana hiburan televisi sebelum lahirnya televisi swasta seperti sekarang ini.

Dengan semangat dan kegigihan serta kerjasama yang solid diantara personilnya akhirnya Ireng Maulana mendirikan organisasi untuk menaungi para musisi jazz di Jakarta dengan bendera Ireng Maulana Associates. Organisasi ini juga yang berhsail menciptakan atau mengadakan Jakarta Jazz Festival dimana ajang berkumpulnya para musisi Jazz Internasional. Ireng Maulana juga sering tampil diacara-acara jazz yang diselenggarakan di luar negeri salah satunya di Belanda dengan tajuk Sea Jazz Festival.

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply