Kritik Karya Sastra

Sastra 0
kritik

Kritik Karya Sastra

Genre sastra itu bermacam-macam, antara lain ada yang berupa puisi, prosa, maupun drama. Dalam satra mengkritik atau memuji  harus berdasarkan pada unsur-unsur karya sastra yang menyusunnya disebut apresiasi. Mengkritik atau memuji karya sastra, harus memahami isi karya sastra tersebut terlebih dahulu.

Dalam memahami karya sastra dapat dilakukan dengan cara : (1) membaca karya sastra dan (2) mendengarkan pembacaan karya sastra.

Kritikan atau pujian terhadap karya sastra yang telah selesai  dibaca dapat berupa :

  1. Pujian atau sanjungan

“Saya betul-betul mengacungkan jempol untuk buku ini!”

  1. Kritik

“Cerpen ini sudah bagus, tetapi sayang, terlalu banyak menggunakan kata-kata asing.”

  1. Saran

“Cerpen ini akan lebih menarik apabila memanfaatkan sekolah sebagai settingnya.”

  1. Ulasan Kelebihan

“Cerpen ini alurnya sangat bagus, sangat alamiah!”

Adapun hal-hal yang dikritik atau dipuji dapat dilihat dari berbagai segi, yakni (1) ejaan, (2) diksi, (3) kualitas dan kuantitas isi, (4) sistematika, (5) penampilan fisik buku, dan (6) harga buku.

Sebuah apresiasi, selain bermanfaat bagi yang memberikan kritik atau pujian, juga bisa bermanfaat bagi pembaca, penulis buku, penerbit, dan perkembangan buku dan ilmu pengetahuan. Manfaatnya adalah :

  1. dapat memberikan informasi kepada pembaca tentang gambaran isi buku;
  2. dapat memberikan masukan kepada penulis buku untuk menghasilkan buku yang lebih baik;
  3. dapat membantu perkembangan buku dan perkembangan ilmu;
  4. dapat menjadi alat promosi buku.

Mengkritik itu berbeda dengan mengecam. Di bawah ini beberapa langkah yang harus dilakukan ketika akan mengkritik atau memuji sebuah karya sastra : (1) memahami dan mendalami hal akan dikritik, (2) menganalisis dan memberikan penghargaan jika ada kelebihan, (3) berusaha mencari kekurangan atau kelemahan disertai bukti dan alasan yang kuat, dan (4) mengajukan saran untuk memperbaiki kekurangan yan ditemukan.

Memuji  itu jika menemukan hal yang positif. Pujian terhadap pendapat orang lain biasanya bertujuan untuk menghargai, memberikan dukungan, dan memberikan motivasi. Dalam memuji diupayakan agar pujian tersebut tidak membuat seseorang menjadi angkuh dan sombong. Berikut ini adalah langkah-langkah memuji karya sastra : (1) mendalami pendapat orang lain secara objektif, (2) berusaha menemukan hal yang positif dalam pendapat tersebut, (3) memberikan pujian terhadap hal yang positif dengan bahasa yang lugas, tepat, dan tegas. Demikian semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
Kritik Karya Sastra,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply