Makna Gramatikal dan Leksikal

Bahasa 0
makna gramatikal

Ragam Makna Kata

Selain makna denotatif dan konotatif, dikenal juga jenis makna kata lainnya, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. MAKNA LEKSIKAL

Makna leksikal  adalah makna yang didasarkan pada makna kamus. Makna ini terdapat di dalam kata-kata yang belum mengalami proses perubahan bentuk ataupun kata yang belum digunakan dalam kalimat. Makna leksikal dimiliki oleh kata bentuk dasar.

Contoh : paman, pergi, sawah.

2. MAKNA GRAMATIKAL

Makna gramatikal makna yang dimiliki kata setelah mengalami proses gramtikalisasi, bisa berupa pengimbuhan, pengulangan, atau pemajemukan.

Contoh : paman saya, bepergian, sawah-sawah.

3. MAKNA STRUKTURAL

Makna struktural adalah makna yang dimiliki oleh suatu kata setelah digunakan dalam kalimat. Misalnya kata paman dalam kalimat Paman saya pergi ke sawah. Kata paman dalam hal itu bermakna seorang laki-laki adik dari ibu atau ayah yang pergi ke sawah.

Makna struktural dan makna gramatikal sering kali dipertukarkan karena keduanya itu sukar dibedakan.

4. MAKNA KONTEKSTUAL

Makna kontekstual adalah makna yang terkandung suatu kata yang keberadaan maknanya itu sangat bergantung pada situasi dan kondisi penggunaanya. Misalnya :

1. Pantas Eka juara di kelasnya, karena ia anak yang rajin.

2. Betul-betul kamu itu rajin, nilai merahnya saja ada tiga.

Kata rajin dalam kedua kalimat di atas berbeda maknanya. Pada kalimat pertama, kata tersebut bermakna giat atau getol, sedangkan pada kalimat kedua berarti malas.

Demikian artikel tentang berbagai macam makna, yakni makna gramtikal, makna leksikal, makna struktural, dan makna kontektual beserta contoh-contohnya.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply