Arti Membaca Memindai (Scanning) Indeks

Bahasa 0
membaca indeks

Membaca Memindai (Scanning) Indeks

Kemampuan membaca memindai (scanning) sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat mencari makna kata dalam kamus, mencari nomor telepon, membaca ensiklopedi, dan lain-lain. Membaca memindai (scanning) adalah merupakan tekhnik membaca untuk menemukan suatu informasi secara cepat dan tepat.

Sedangkan indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan, biasanya terdapat pada bagian akhir buku setelah daftar pustaka atau rujukan, dan tersusun menurut abjad. Indeks memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan. Untuk segera menemukan informasi yang diinginkan maka harus dengan membaca memindai.

Adapun bagian-bagian dari indeks adalah (1) nomor halama buku, (2) indeks pengarang, (3) indeks topik, dan (4) perincian indeks topik.

Di bawah ini adalah contoh indeks dengan alfabet A :

Agusta, Leon, 307

Ayatrohadi, 52, 61

Aku, 41, 59, 70, 212

Alegori, 135, 144

Alisjahbana, Sutan Takdir, 58, 212

Aliran, 32-47

                ekspresionisme, 40-43

                imajis, 46, 47

                impresionisme, 42-47

                naturalisme, 32

                realisme sosial, 38, 40

                romantik, 32-35

Amuk, 185, 186, 190, 194, 195

(Sumber dari : Waluyo, J. Herman, 1987, Teori dan Apriasi Puisi)

Dari indeks di atas dapat terlihat beberapa bagian indeks. Bagian-bagian dari indeks itu  adalah (1) nomor halaman buku, (2) indeks pengarang, (3) indeks topik, dan (4) perincian indeks topik

Indeks dapat disusun dengan pengelompokkan indeks nama yang diletakkan terpisah dengan indeks topik. Hal ini dilakukan jika daftar indeks sangat banyak. Akan tetapi jika daftar indeks tidak terlalu banyak, keduanya dapat digabungkan. Demikian halnya dengan indeks pengarang, indeks ini dapat ditulis terpisah dengan indeks topik jika indeks tersebut berisi daftar yang sangat panjang. Akan tetapi, jika terlalu panjang maka seringkali digabungkan.

Demikian artikel tentang membaca memindai (scanning) tentang indeks, dan bagian-bagian dari indeks tersebut. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply