Pakar Bahasa Indonesia, JS Badudu Meninggal Dunia

Berita 0
Pakar Bahasa Indonesia, JS Badudu Meninggal Dunia

Prof Dr JS Badudu

(Cikancah-Cyber) – Dunia Pendidikan Indonesia berduka, Jusuf Sjarif Badudu meninggal pada Usia 89 Tahun di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung pada hari Sabtu 12/3/2016 akibat penyakit Stroke dan komplikasi yang dideritanya.

Prof Dr J.S Badudu yang kelahiran  Gorontalo 89 tahun yang lalu tepatnya  pada 19 Maret 1926 dikaruniai 9 anak, 23 cucu, dan 2 cicit sedangkan istrinya  Eva Henriette Alma Koroh, lebih dulu berpulang pada 16 Januari 2016 lalu, pada usia 85 tahun.

Seperti dikabarkan sang cucu Ananda Badudu, beliau sudah sering sakit-sakitan diantaranya sakit stroke ringan sampai berat dan itu dialaminya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Jenazah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung setelah sebelumnya disemayamkan di kediaman Bukit Dago Selatan, Bandung.

Pada Tahun 1974-1979 J.S Badudu dikenal dimasyarakat berkat siaran di TVRI yang dibawakannya dengan tema Pembinaan Bahasa Indonesia. Selain pakar Bahasa Indonesia J.S Badudu juga aktif sebagai guru besar di beberapa Universitas Terkemuka khususnya di Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Selama hidupnya dia dikenal sebagai pakar Bahasa Indonesia dengan karya-karya besarnya diantara hasil karyanya yang sangat terkenal adalah Kamus Umum Bahasa Indonesia, Kamus Kata-kata Serapan Asing, dan Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply