Pengembangan Bahan Ajar

Pendidikan 0

bahan ajar

Pengembangan Bahan Ajar

Pengertian

Dalam kegiatan pembelajaran perlu mempersiapkan segala hal termasuk di dalamnya adalah bahan ajar. Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan oleh seorang guru atau seorang instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran terutama di dalam kelas.

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.

Jadi bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.

Tujuan dan Manfaat Penyusunan Bahan Ajar

Adapun tujuan mengapa bahan ajar itu disusun adalah :

  1. Menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan sosial peserta didik.
  2. Membantu peserta didik dalam memperoleh alternatif bahan ajar di samping buku-buku teks yang terkadang sulit diperoleh.
  3. Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Sedangkan manfaat bahan ajar itu adalah sebagai berikut :

Manfaat bagi Guru

  1. Diperoleh bahan ajar yang sesuai tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik,
  2. Tidak lagi tergantung kepada buku teks yang terkadang sulit untuk diperoleh,
  3. Memperkaya karena dikembangkan dengan menggunakan berbagai referensi,
  4. Menambah khasanah pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis bahan ajar,
  5. Membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dengan peserta didik karena peserta didik akan merasa lebih percaya kepada gurunya.
  6. Menambah angka kredit jika dikumpulkan menjadi buku dan diterbitkan.

Manfaat bagi Peserta Didik

  1. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik.
  2. Kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran guru.
  3. Mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya

Prinsip Pengembangan Bahan Ajar

Prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar adalah (1) Mulai dari yang mudah untuk memahami yang sulit, dari yang kongkret untuk memahami yang abstrak, (2) Pengulangan akan memperkuat pemahaman, (3) Umpan balik positif akan memberikan penguatan terhadap pemahaman peserta didik, (4) Motivasi belajar yang tinggi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar, (5) Mencapai tujuan ibarat naik tangga, setahap demi setahap, akhirnya akan mencapai ketinggian tertentu, dan (6) Mengetahui hasil yang telah dicapai akan mendorong peserta didik untuk terus mencapai tujuan.

Bentuk Bahan Ajar

Bentuk bahan ajar itu bisa berupa (1) Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, (2) Audio Visual seperti: video atau film, VCD, (3) Audio seperti: radio, kaset, CD audio, PH, (4) Visual: foto, gambar, model atau maket, dan (5) Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet.

Demikian artikel tentang bahan ajar yang harus dipersiapkan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar merupakan hal yang paling penting karena akan membantu para peserta didik dalam pembelajaran dan dapat pula mempermudah bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran tersebut.

Tags:
Rate this article!
Pengembangan Bahan Ajar,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply