Rasionalisasi PNS

Artikel, Pendidikan 0
pincuk_suuk0408

Rasionalisasi PNS

Cikancah-Cyber. Di Indonesia jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangat banyak, kini mencapai angka 4,5 juta orang dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ingin mengurangi jumlah PNS hingga 3,5 juta pada tahun 2019. Langkah selanjutnya PNS akan dikelompokkan berdasarkan kuadran atau cluster.

Hasil pemetaaan ini nantinya akan dibagi menjadi 4 kuadran atau cluster. Pada cluster  1 ini yang paling produktif dan cluster ke 4 yang paling tidak produktif. Terhadap mereka yang termasuk di kuadran 4 ini akan diberi tindakan lebih lanjut. Tindak lanjutnya mulai dari peringatan hingga pemberhentian.

Yang pertama aparatur sipil negara nanti rencananya akan dikembangkan lebih lanjut yang qualified akan di promosikan, kemudian kuadran dua ada yang tidak qualified pendidikannya tapi kompeten. Nantinya akan didorong pendidikannya, akan disesuaikan dengan kualifikasi atau nanti akan dimutasikan dengan kualifikasi yang relevan.

Pada cluster tiga memililiki kualifikasi tapi tidak kompeten misalnya yang bersangkutan adalah guru, latar belakang pendidikan juga guru namun tidak memiliki kompetensi yang baik nanti akan diberikan pelatihan yang baik atau diklat. Sementara kuadran keempat yang tidak kompeten dan qualified, akan didorong untuk pensiun dini. Tentu saja pensiun dini yang diputuskan, tetap menjamin kesejahteraan PNS yang bersangkutan.

Sementara itu, mapping atau pemetaan cluster akan mulai dilaksanakan 2016 ini. Yang nantinya pada tahun 2019 diharapkan akan bersih dan akuntabel serta berkualitas, ini merupakan resiko dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. (MEA).

Semua dilakukan secara terus menerus dengan harapan akan terbangun mindset yang sama sehingga setelah dilakukan pemetaan betul-betul sesuai dengan apa yang diharapkan. Walaupun rasionalisasi itu baru wacana dari pusat, karena petunjuk pelaksanaan (Juklak) belum diterbitkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Tags:
Rate this article!
Rasionalisasi PNS,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply