Resensi Buku Pengetahuan

Bahasa 0
resensi

Resensi Buku Pengetahuan

Pengertian

Resensi adalah pembicaraan, pertimbangan, atau ulasan tentang isi dari suatu buku. Resensi bukan hanya menceritakan isi buku, karena resensi itu berbeda dengan sinopsis. Meresensi berarti menilai secara kritis isi sebuah buku, yang mana juga membahas tentang kelebihan atau kekurangan buku tersebut.

Bagian-bagian Resensi

Dalam membuat resensi tidak membocorkan isi cerita yang penting atau spoilerResensi terdiri dari tiga bagian, yakni (1) bagian pendahuluan, (2) bagian isi, dan (3) bagian penutup.

1. Bagian Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan yang berisi tentang informasi objektif identitas buku yang diresensi. Adapun informasi yang disampaikan dalam bagian pendahuluan meliputi : (1) Judul buku, (2) Penulis dan penyunting, (3) Penerbit, (4) Tahun terbit, (5) Cetakan ke-, (6) Tebal buku, (7) Ukuran buku, dan (8) ISBN.

2. Bagian Isi

Bagian isi resensi yaitu berupa (1) ikhtisar isi sebuah buku atau gambaran secara keseluruhan isi buku, (2) informasi tentang latar belakang, dan (3) tujuan penulisan buku.

Latar belakang dan tujuan penulisan sebuah buku dapat ditemukan pada bagian kata pengantar buku itu. Dibagian isi ini mengulas gaya penulisan, perbandingan dengan buku yang lain yang bertema sama, atau buku lain yang ditulis oleh penulis yang sama.

3. Bagian Penutup

Di dalam bagian penutup, resensi itu menyampaikan penilaian tentang kualitas isi buku, tentang kelebihan atau kekurangannya. Memberikan kritik atau saran kepada penulis atau penerbitnya. Selain itu memberikan pertimbangan kepada para pembaca tentang perlu atau tidaknya buku tersebut dibeli atau dibaca.

Pada bagian ini seorang peresensi dapat memberikan pertimbangan kelayakan buku tersebut baik dibaca oleh kalangan siapapun juga dengan mengggunakan argumentasi yang kuat bukan asal-asalan.

Setelah selesai menulis reesensi maka diberikanlah judul yang menarik. Hal ini penting pada bagian awal resensi buku dituliskan pernyataan atau pertanyaan yang menarik perhatian pembaca yang sesuai dengan isi resensi tersebut. Demikian pembahasan secara singkat tentang meresensi sebuah buku terutama buku pengetahuan, semoga bermanfaat.

Tags:
Rate this article!
Resensi Buku Pengetahuan,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply