Resep Dan Cara Mudah Membuat Batagor Pangsit Enak

Kuliner, Makanan 0

(Cikancah Cyber) Resep Dan Cara Mudah Membuat Batagor Pangsit Enak – Makanan khas asal Bandung ini merupakan makanan yang sangat terkenal, meskipun bentuk makanan nya yang sederhana, tapi rasanya yang tidak sederhana hehe. Batagor merupakan jajanan yang sehat, halal dan ekonomis. Batagor tidak di temukan di Bandung saja melainkan luar daerah Bandung pun banyak orang yang membuat batagor dan menjualnya.

Batagor sendiri merupakan perpaduan baso dan tahu lalu di goreng di campur dengan bumbu kacang dan diberi sedikit potongan acar. Namun batagor banyak sekali macam nya dan yang saya akan bahas kali ini adalah cara membuat batagor pangsit. Batagor pangsir berbeda dengan batagor yang biasa kita lihat, yaitu perbedaan nya ada pada pangsit yang menyelimuti batagor, dan nanti saya akan kasih contoh nya di bawah ini. Tapi sebelum saya akan kasih contoh ada baiknya saya akan berbagi terlebih dahulu resep dan cara membuatnya, agar para ibu-ibu atau saudara di rumah bisa membuat nya, karena mungkin di daerah anda tidak ada yang jualan batagor, maka bisa membuatnya sendiri.

Resep Dan Cara Mudah Membuat Batagor Pangsit Enak

Batagor Pangsit Khas Bandung

Bahan-bahan yang disiapkan membuat batagor pangsit :

  • 1 sendok daun bawang cincang halus
    3 sendok tepung terigu
    10 sendok tepung kanji tani
    5 buahtahu pong belah 2 segitiga
    1/2bawang bombay
    1 genggam kacang tanah sangrai/ goreng/ oven
    1 siungbawang merah dan bawang putih
    secukupnya garam , merica bubuk dan air cuka atau menggunakan jeruk limo
    1 pakkulit pansit
    2 buahcabai merah

Setelah semua bahan-bahan terkumpul dan sudah siap untuk di olah, maka selanjutnya anda tinggal mengetahui cara dan langkah membuat batagor pangsit.

Caranya anda bisa lihat di bawah ini :

  1. Goreng bawang merah, bawang putih, cabai merah sampai harum. Haluskan bersama kacang tanah dan garam, cicipi , tambahkan air hangat dan perasan jeruk limo. Sisihkan bumbu kacang ini
  2. Bawang bombay diiris dadu. Lalu tumis dengan margarin. Tambahkan garam dan merica bubuk beri 10 sdm air. Biarkan mendidih
  3. Siapkan tepung terigu diwadah, masukkan daun bawang cincang. Lalu perlahan lahan, siram dengan tumisan bawang. Aduk cepat sambil masukkan tepung kanji. Uleni dengan tangan sampai tercampur rata, jika kurang kalus tambahkan tepung kanji, tapi jangan sampai terlalu keras
  4. Siapkan kulit pansitnya, lipat sesuai keinginan ( saya belajar dari youtube, dan bentuk kepeng adalah yang tercantik dan paling masuk akal buat saya). Lakukan sampai setengah adonan.
  5. Siapkan tahu yg sudah dibelah segitiga. Pilin pilin adonan aci, lalu selipkan di dalam tahu
  6. Goreng pansit dan batagor dalam api kecil sampai sedang. Sampai warna kecoklatan
  7. Setelah matang, tiriskan dr minyak dan sajikan dengan bumbu kacang, bisa di siram ataupun di cocol.

Demikianlah cara nya untuk membuat batagor pangsit yang enak dan lezat, bagaimana mudah bukan untuk cara membuatnya, nah untuk resep masakan yang lain nya anda tinggal cari saja resep masakan yang lain di menu kuliner di Cikancah Cyber ini, terimakasih telah berkunjung.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply