Standar Keselamatan di Formula1 Selamatkan Fernando Alonso Dari Maut

Berita, Olahraga 0
Standar Keselamatan di Formula1 Selamatkan Fernando Alonso Dari Maut

Kondisi Mobil Fernando Alonso Pasca Kecelakaan

(Cikancah-Cyber) – Seri pembuka balapan Formula1 di Sirkuit Albert Park, Melbourne  Australia Minggu (20/3/2016) berlangsung menarik dan diwarnai insiden kecelakaan yang melibatkan Esteban Gutierrez dari Haas Racing dengan Fernando Alonso pada Lap 18 yang membuat mobil Alonso terbang dan menabrak tembok pembatas dengan kondisi hancur.

Kejadian tersebut terjadi pada saat lap memasuki putaran ke 18 dimana roda depan Alonso menyenggol ban mobil Esteban Guiterrez dan Mobil Alonso sempat terbang dan berputar diudara sebelum menghantam tembok pembatas. Pada tayangan di televisi terlihat jelas bagaimana kecepatan dan kerasnya benturan yang dialami oleh Fernando Alonso sebelum terhenti di tembok pembatas dengan kondisi kendaraan hancur berkeping-keping.

Para pencinta balapan jet darat sempat khawatir atas keselamatan sang pembalap asal Spanyol tersebut, namun bersyukur Alonso dapat keluar dari kendaraannya dengan selamat dan sempat melambaikan tangannya kepada para penonton sambil berjalan menandakan dia tidak dalam masalah.

Alonso dalam keterangan persnya berterima kasih kepada penyelenggara terutama FIA yang telah meningkatkan keselamatan bagi para pembalapnya. Dan ini terbukti dengan kejadian di Sirkuti Albert Park pada hari Minggu, 20/3/2016 Fernando Alonso bisa selamat dari maut saat kejadian tersebut berkat regulasi dan sistem keamanan yang ketat dari FIA.

FIA memang terus meningkatkan keselamatan dengan memperketat regulasi bagi tim-tim yang berkompetisi pada ajang balap jet darat tersebut,. misalnya posisi Hidung/moncong harus diperkuat dan Ukuran pada penampang hidung (nose tip cross section) tetap dipertahankan 90 cm2, namun posisinya bakal turun pada 135-220 mm di atas lantai dan lebar hidung tidak boleh melebihi 140 mm.

Setiap tahunya FIA memang terus meningkatkan standar keselamatan bagi para pembalap Formula 1 dan itu terus dilakukan agar penyelenggaraan balapan tetap berjalan menarik tetapi dengan tingkat keselamatan yang tinggi.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply