Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional

Artikel, Bahasa 0
Teks hardiknas

Tek Pidato Hari Pendidikan Nasional

Assalmualaikum wr.wb.

Yang terhormat, Kepala SMP Negeri 2 Sukadana

Yang saya hormati Dewan Guru  SMP Negeri 2 Sukadana

Yang saya hormati Staf Tata Laksana SMP Negeri 2 Sukadana,

Dan tak lupa anak-anaku  yang saya cintai dan saya banggakan.

Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Alloh swt, yang telah melimpahkan rakhmat, nikmat dan karunia-Nya kepada kita, sehingga kegiatan upacara bendera ini dapat berjalan dengan lancar dan hidmat. Sholawat beserta salam semoga selamanya terlimpah curahkan kepada junjungan alam   Habibana Wanabiyana Muhammad saw, kepada para keluarganya, sahabatnya, tidak lupa mudah-mudahan kita termasuk umatnya serta mendapat syafaat diyaumil akhir , amin.

Pada saat ini kita sedang melaksanakan Kegitan upacara bendera dalam rangka menyongsong Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei  setiap tahunya. Mengapa tanggal 2 Mei setiap tahun diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional? Menurut sejarah bahwa pemerintah telah menetapkan bahwa tanggal 2 Mei dijadikan  sebagain Hari Pendidikan Nasional, tanggal itu diambil dari hari lahir seorang tokoh pendidkan nasional yang bernama Ki hajar Dewantoro. Beliau adalah sosok seorang pahlawan yang dengan gigih menentang penjajah Belanda bukan dengan kekuatan senjata, melainkan melalui jalur pendidikan.

Hadirin yang saya hormati,

Yang namanya penjajah membuat rakyat menjadi bodoh dan miskin. Beliau merasakan sendiri kita dijajah karena kita bodoh, kebodohan adalah sumber kemiskinan dan kemelaratan. Dengan kemiskinan dan kemelaratan kita tidak akan dapat berbuat banyak untuk mengusir penjajah.

Untuk mengatasi hal tersebut maka beliau dengan dibantu oleh rekan-rekannya yang senasib sepenanggungan dan seperjuangan mendirikan lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang didirikannya bernama “Perguruan Taman Siswa”. Untuk yang pertama di Yogyakarta, kemudian menyebar ke pelosok-pelosok tanah air, dan sampai sekarang di kota-kota besar masih berjalan. Dalam mengelola system pendidikan beliau terkenal dengan Motto “Ing Ngarso sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.”Motto tersebut sampai sekarang dijadikan motto Pendidikan Nasional.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa ‘’Menuntut ilmu wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan, dari sejak dalam buaian sampai lubang lahat.” Hadits ini memiliki pengertian bahwa menuntut ilmu tidak dibatasi oleh usia, artinya seumur hidup.

Pendidikan akan lancar apabila ditunjang oleh 3 unsur yaitu sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Ketiga unsur ini harus selaras dan seirama dalam menyelenggarakan pendidikan. Satu saja melepas tanggung jawab jangan harap pendidikan akan berhasil. Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab pemerintah terhadap pendidikan, maka pemerintah telah mencanakan “Wajib Belajar 12 Tahun.”

Hadirin  yang saya hormati,

Sehubungan dengan hal tersebut di atas maka dalam kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh komponen yang terkait dalam masalah pendidikan marilah kita satukan sikap, tekad, langkah dengan segala daya dan kemampuan untuk mensukseskan wajib belajar 12 tahun di negeri tercinta ini. Yang insya alloh apabila program in berjalan dengan sukses maka sumber daya manusia akan meningkat dan tidak akan diinjak-injak lagi oleh bangsa lain. Dan kita akan menjadi tuan rumah di rumah sendiri.

Sekarang kita sebagai generasi penerus, terutama kalian yang masih muda-muda, marilah kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik, isilah hidup ini dengan rajin menuntut ilmu, karena rajin belajar pasti pintar, agar kita menjadi manusia yang penuh disiplin, dan memiliki ketaatan sehingga berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama.

Akhir kata “Dirgahayu Pendidkan Nasional , sukses wajib belajar 12 tahun, mudah-mudahan kita menjadi bangsa yang besar, maju, disegani, dan setaraf dengan bangsa-bangsa di dunia. Semoga sekolah kita ini SMP Negeri 2 Sukadana selamanya tetap jaya. Semoga Alloh swt selalu membimbing kita semua. Aamiin. Sekian dan mohon maaf atas segala kekurangannya.

Wassalamualaikum wr.wb.

Tags:

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply