Wajib Siswa Non Formal Memiliki NISN

Artikel, Pendidikan 0
Nisn

Nomor Induk Siswa Nasional

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sangatlah penting bagi seluruh siswa. Baik Lembaga Pendidikan Formal maupun Non Formal. Tanpa kecuali mulai tahun pelajaran 2015/2016 memiliki NISN itu wajib bagi siswa yang ada pada jalur pendidikan Non Formal.

Kepemilikian NISN ini bertujuan agar bisa mengikuti ujian persamaan paket, baik paket A, paket B, maupun paket C. Hal ini merupakan program pemerintah pusat yang ditujukan pada seluruh siswa persamaan  kejar paket di seluruh Indonesia walaupun kebijakan ini sedikit terlambat.

Selain itu memiliki NISN merupakan sistem pendataan siswa skala Nasional dengan memberikan nomor kode unik seta berlaku seumur hidup kepada seluruh siswa Indonesia pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Tekhnis pelaksanaan sama seperti tahun sebelumnya dengan berbasis paper test atau berbasis kertas. Kalau siswa tak memiliki NISN akan mengalami kesulitan ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi).

Fungsi NISN selain sebagai nomor tetap seumur hidup, juga dapat digunakan untuk melihat perkembangan dari siswa tersebut akan mudah dipantau riwayat siswa tersebut. Juga berubahan data yang terjadi, seperti mutasi, hingga data siswa yang putus sekolah. Jadi dari NISN ini bakal ketahuan siapa saja yang berhenti setelah tamat sekolah dasar atau sekolah menengah. Selain itu menjadi data untuk upaya pemberantasan putus sekolah.

Dengan demikian betapa pentingnya NISN bagi siswa Non Formal agar dapat mengikuti ujian persamaan paket, yang dilakukan oleh Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota, Kabupaten dan Propinsi untuk selanjutnya diteruskan ke pusat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply