Guru TK/PAUD Harus Pandai Bercerita

Artikel, Pendidikan 0
tk

Guru TK/PAUD

Guru merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam pendidikan terutama dalam pembelajaran. Sebagai seorang guru haruslah pandai-pandai memilih tekhnik penyampaian materi pembelajaran kepada anak. Begitu pula sebagai seorang guru TK atau PAUD harus pintar dalam meramu tekhnik pembelajaran tersebut.

Salah satu tekhnik pembelajaran yang paling efektif untuk anak Taman Kanak-Kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah dengan cara mendongeng atau bercerita. Karena dengan donngeng daya imajinasi anak akan terbuka dan bisa mengambil pelajaran dari tokoh dongeng tersebut.

Cara penyampaian dongeng itu ada tekhniknya, dan dalam penyampaiannya harus disesuaikan dengan usia anaknya. Misalnya untuk anak usia nol-empat tahun harus memilih materi dongeng yang simpel dan sederhana. Fungsinya hanya untuk merangsang pendengaran. Oleh sebab itu dalam menyampaikan dongengnya intonasi, gestur, dan volume suara harus diperhatikan.

Berbeda dengan anak usia lima-enam tahun, materi dongengnya harus memilih yang bertemakan petualangan atau adventure biasanya dongeng yang berupa fabel atau dunia binatang.

Kebanyakan guru Taman Kanak-Kanak (TK) dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam menerapkan pembelajaran itu seolah-olah memaksakan kehendak guru dan mengharapkan anak-anak segera bisa menguasai materi pembelajaran secara instan. Padahal materi yang diajarkan bisa dikatakan monoton dan begitu-begitu saja tanpa adanya variasi yang mampu membangkitkan kreativitas dan motivasi anak.

Bagi seorang Guru TK atau PAUD harus sadar kondisi anak zaman sekarang yang berdeda dengan generasi sebelumnya.  Anak zaman sekarang dari mulai usia dini sudah mulai kreatif. Semua itu dikarenakan banyak pengaruh tayangan televisi dan tekhnologi informasi, bahkan gadget dan internet. Hal tersebut merupakan tantangan yang berat bagi seorang guru TK atau PAUD.

Penyampaian materi pembelajaran dengan cara mendongeng sangatlah gampang untuk diterapkan oleh seorang guru, sebab pada dasarnya semua orang suka bercerita. Modalnya hanya menguasai tekhnik menyampaikan dongeng dan secara kontinue harus berlatih. Guru TK atau guru PAUD yang tidak bisa mendongeng bukanlah guru TK atau guru PAUD.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply