Keterampilan Berbahasa Indonesia Sebagai Wujud Profesionalisme Guru

Artikel, Pendidikan 0
ket.berbahasa

Keterampilan Berbahasa Indonesia Wujud Profesionalisme Guru

Sebagai seorang guru harus pandai menguasai berbagai keterampilan. Terutama keterampilan atau kompetensi berbahasa Indonesia yang merupakan salah satu bentuk keprofesionalan sebagai seorang guru.

Penguasaan bahasa Indonesia menjadi sesuatu yang wajib dan penting untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia (SDM). Tanpa penguasaan bahasa Indonesia yang memadai, seorang guru akan mengalami hambatan dalam pembelajaran dan juga pengembangan diri. Padahal, peran guru sangat menentukan penguasaan bahasa Indonesia bagi siswanya. Oleh karena itu, guru harus terus belajar dan belajar sehingga pengetahuan dan kemampuannya dalam bernahasa terus meningkat meningkat.

Guru merupakan ujung tombak atau garda yang paling depan dalam menempa penguasaan bahasa Indonesia bagi siswanya. Oleh karena itu, guru harus peka terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Wawasan kebahasaan guru jangan sampai statis dan harus selalu ditingkatkan. Kegiatan kompetensi ini dilakukan untuk menyegarkan wawasan dan membantu guru dalam mengembangkan profesionalismenya.

Dalam kenyataan pada saat ini terjadi pergeseran sikap terhadap bahasa pada masyarakat. Mereka beranggapan bahwa menggunakan bahasa asing memiliki nilai lebih tinggi daripada bahasa Indonesia sendiri. Oleh karena itu, guru harus menjadi garda terdepan dalam membangkitkan kembali sikap positif siswa terhadap bahasa Indonesia.

Menjadi seorang guru harus mampu memberikan pencerahan kepada siswanya tentang dinamika perkembangan bahasa Indonesia. Guru harus mampu menanamkan rasa bangga siswa terhadap bahasa Indonesia. Guru harus mampu menyemaikan kesetiaan siswa terhadap bahasa Indoneia. Selain itu, guru juga harus mampu menebar kesadaran siswa bahwa ada norma yang harus dipatuhi dalam berbahasa. Untuk itu, kegiatan peningkatan keterampilan atau kompetensi berbahasa seperti ini perlu dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus tanpa lelah dan putus asa, agar semua komponen dapat bangga dengan mengunakan bahasa Indonesia.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply