Manakah Bentuk yang Benar Kotip atau Kotif?

Artikel, Bahasa 0
kotif

Penulisan Bentuk Kotip atau Kotif

Untuk menyebut Kota Banjar kadang-kadang kita menyebutnya dengan singkatan kotif dan kadang-kadang pula kita menyebutnya dengan kotip. Kita sering bingung dan sering terjadi perdebatan, sebetulnya mana bentuk yang benarnya?

Kedua bentuk itu kependekan atau singkatan dari kota administratif. Kalau dilihat dari dari asal katanya administratif itu berasal dari kata administrative. Jadi kalau di jadikanĀ  bahasa Indonesia atau kalau kita indonesiakan akan menjadi administratif, bukan administratip.

Bandingkan pula dengan kata-kata yang lain seperti (1) kata pasif yang berasal dari kata passive, (2) aktif yang berasal dari kata active, (3) komunikatif yang berasal dari kata communicative.

Pemendekan kata kota administratif menjadi kotip jelas merupakan hal atau kata yang salah sekalipun bentuk penulisan itu sering digunakan dan dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Tetapi penulisan atau penggunaan yang benar dan tepat adalah dengan kata kotif. Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi semuanya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply