Manakah yang Benar Elit atau Elite ?

Artikel, Bahasa 0
elite

Elit atau Elite?

Hampir semua orang pernah mengatakan atau bahkan sering mangatakan, baik penyiar, pejabat, politisi, maupun masyarakat umum menggunakan kata elite di dalam berbagai kegiatan atau kesempatan, tetapi cara pengucapan kata tersebut masih beragam. Ada yang mengucapkan /elit/ dan ada pula yang mengucapkan /elite/. Sebenarnya manakah yang benar cara pengucapannya?

Kalau kita merujuk asal katanya, kata elite itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu eligere yang berarti memilih yang dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia kata elite berati orang-orang terbaik pilihan dalam suatu kelompok, atau kelompok kecil orang-orang yang terpandang atau berderajat tinggi seperti kaum bangsawan, cedikiawan, terpelajar dan lain-lain.

Pada bahasa Latin huruf e pada akhir kata harusnya diucapkan. Oleh sebab itu, kata elite haruslah diucapkan elite bukan elit. Begitu juga ada beberapa kata yang harus diucapkan seperti kata elite yaitu :

1. bonafide harus diucapkan bonafide bukan bonafid;

2. faksimile harus diucapkan faksimile bukan faksimil atau feksemail.

Jadi intinya kita dalam menulis atau mengucapkan kata-kata tersebut harus sesuai dengan ketentuan dan keharusan sebagaimana yang terdapat dalam Kamus Bahasa Indonesia dan Tata Baku Bahasa Indonesia. Jika kita dalam mengucapkan suatu kata sudah sesuai dengan itu artinyanya kita telah menggunakan kata yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan.

Demikian artikel tentang pengucapan kata elite dan beberapa kata yang lain yang satu tife atau sama, semoga bermanfaat bagi siapa saja sebagai bahan rujukan bagi yang memerlukan.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply