Membaca Memindai Kamus

Bahasa 0
membaca kamus

Membaca Memindai (Scanning) Kamus

Salah satu keterampilan berbahasa yang kita ketahui adalah membaca. Dengan membaca orang akan menambah wawasan dan pengetahuan atau informasi. Membaca itu beragam jenisnya, salah satu membaca yang bisa meningkat pengetahuan adalah membaca kamus.

Membaca kamus dapat dilakukan dengan salah satu teknik membaca, yaitu scanning. Scanning adalah memindai atau baca-tatap, yaitu membaca cepat, tetapi teliti. Teknik ini bertujuan memperoleh fakta atau informasi secara cepat dan tepat. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan kemampuan membaca memindai untuk mencari fakta atau informasi tertentu.

Fakta atau informasi yang dapat kita cari dengan teknik memindai adalah; (1) kata dalam kamus, (2) informasi dalam ensiklopedia, (3) informasi melalui indeks, (4) nomor telepon, (5) nomor-nomor tertentu (rekening bank, nomor peserta ujian), (6) jadwal-jadwal (kereta api, pesawat terbang, acara televisi dan radio), dan (7) angka-angka dalam statistik.

Kamus adalah buku yang memuat kata yang disusun menurut abjad berikut artinya, pemakaiannya, atau terjemahannya. Selain itu, kamus juga merupakan sebuah buku yang memuat kumpulan istilah atau nama-nama tertentu. Sebuah kamus biasanya berisi cara pelafalan, pola suku kata, dan contoh penggunaan.

Secara umum kamus itu ada 3 (tiga) jenis yakni ;

A. Berdasarkan Penggunaan Bahasa

Ada kamus yang ditulis dalam satu atau lebih dari satu bahasa. Jenis-jenis kamus tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kamus Ekabahasa

Kamus ini hanya menggunakan satu bahasa. Kata-kata (entri) yang dijelaskan dan penjelasannya terdiri dari bahasa yang sama. Kamus ini mempunyai perbedaan yang jelas dengan kamus dwibahasa karena penyusunan dibuat berdasarkan pembuktian data korpus. Contoh kamus ekabahasa ialah Kamus Besar Bahasa Indonesia.

2. Kamus Dwibahasa

Kamus ini menggunakan dua bahasa, yakni kata masukan dari bahasa yang dikamuskan diberi padanan bahasa yang lain. Contohnya: Kamus Dwibahasa ialah kamus Bahasa Inggris Oxford (Inggris-Indonesia; Indonesia-Inggris).

3. Kamus Aneka Bahasa

Kamus ini sekurang-kurangnya menggunakan tiga bahasa atau lebih, misalnya, Bahasa Indonesia Bahasa Inggris dan Bahasa Cina secara serentak. Contoh kamus aneka bahasa ini ialah Kamus Melayu-Cina-Inggeris Pelangi susunan Yuen Boon Chan pada tahun 2004.

B. Berdasarkan Ukuran

Ada kamus yang diterbitkan dalam pelbagai ukuran. Ini terjadi karena kamus bertujuan memenuhi keperluan kelompok tertentu. Contohnya, kelompok pelajar sekolah memerlukan kamus berukuran kecil untuk memudahkan mereka membawa kamus ke sekolah. Secara umumnya, berdasarkan ukuran ini kamus dibagi dalam tiga jenis, yaitu;

1. Kamus Mini

Pada zaman sekarang, kamus ini susah dijumpai. Ia dikenal sebagai kamus mini karena dapat disimpan dalam saku. Tebalnya lebih kurang 2 cm.

2. Kamus Kecil

Kamus berukuran kecil ini biasa dijumpai. Kamus ini merupakan kamus yang mudah dibawa.

3. Kamus Besar

Kamus ini memuat segala leksikal yang terdapat dalam satu bahasa. Setiap kata dijelaskan maksudnya secara lengkap. Ukuran kamus ini besar dan tidak sesuai untuk dibawa ke sana-sini.

C. Kamus Istimewa

Kamus istimewa merujuk kepada kamus yang mempunyai fungsi yang khusus. Contohnya adalah sebagai berikut :

1.Kamus Istilah

Entri dalam kamus ini terdiri atas istilah khusus bagi bidang tertentu. Fungsinya adalah untuk keperluan ilmiah. Contohnya ialah Kamus Istilah Biologi.

2. Kamus Etimologi

Kamus yang menerangkan asal usul suatu kata dan maksud asalnya.

3. Kamus Peribahasa/Simpulan Bahasa

Kamus yang menerangkan maksud suatu peribahasa/ungkapan bahasa.

4. Kamus Terjemahan

Kamus yang menyediakan kata seperti bahasa asing untuk satu bahasa yang dituju. Kegunaannya adalah untuk membantu para penerjemah. Sebelum kamu menggunakan kamus, sebaiknya baca terlebih dahulu bagian penjelasan atau keterangan penggunaan kamus. Bagian ini diperlukan dalam menggunakan kamus. Jelasnya, bagian ini memuat keterangan tentang abjad dan ejaan, kosakata, pengertian kata dan keterangannya, susunan dan urutan kata yang diterangkan, tanda-tanda dan singkatan yang digunakan dalam kamus.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencari kata dalam kamus yaitu (1)  Ejaan kata (cara penulisan kata), (2) Pelafalan kata (cara mengucapkan kata), (3) Asal-usul kata (etimologi), dan (4) Setiap kata memiliki banyak pengertian. Untuk mendapatkan pengertian yang tepat, harus disesuaikan makna kata dengan konteks pemakaian kata dalam kalimat atau teks keseluruhan. Perhatikan pula pemakaian kata dalam kalimat yang dicontohkan dalam kamus.

Perhatikan contoh di bawah ini :

Arti kata bangga yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

1 bang.ga a besar hati; merasa gagah (karena mempunyai keunggulan): regu Indonesia boleh – dapat merebut piala Thomas;

ber.bang.ga a berbesar hati; bangga;

mem.bang.ga v merasa bangga; berbesar hati;

mem.bang.ga.kan v 1 menimbulkan perasaan bangga; menjadikan besar hati; 2 mengagungkan; memuji-muji dengan bangga;

ke.bang.ga.an n kebesaran hati; perasaan bangga; kepuasan diri; ˜ nasional sikap kejiwaan yang terwujud, tampak pada sikap menghargai warisan budaya, hasil karya, dan hal-hal lain yang menjadimilik bangsa sendiri

2 bang.ga Jw 1 tidak mau menurut; mendaga; membangkang; 2 ki tidak mudah dikerjakan.

Keterangan:

  1. bang.ga disebut lema atau entri. Kata dasar atau bentuk dasar segala bentukan kata diperlakukan sebagai lema, sedangkan bentuk-bentuk derivasinya diperlakukan sebagai sublema. Lihat kata ber.bang.ga sebagai sublema. Lema dan sublema dicetak tebal.
  2. Tanda titik (.) pada lema menunjukkan pemenggalan kata.
  3. Penomoran setelah lema, menunjukkan satu lema memiliki banyak makna.
  4. Cetak miring adalah contoh penggunaan kata dalam kalimat.
  5. Singkatan n, v menunjukkan label kelas kata; n: nomina (kata benda), v: verba (kata kerja)
  6. Superskrip (1 …, 2 …) dipakai untuk menandai bentuk homonim yang homofon dan homograf. (Untuk keterangan lebih lengkap lagi dapat dibaca dalam “Petunjuk Pemakaian Kamus” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.)

Demikian semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
Membaca Memindai Kamus,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply