Menceritakan Tokoh Idola

Bahasa 0
tokoh1

Menceritakan Tokoh Idola

Setiap orang pasti memiliki tokoh idola. Tokoh adalah orang terkemuka, idola adalah orang yang menjadi pujaan. Tokoh idola adalah seseorang yang menjadi panutan, pujaan orang itu yang berkaitan dengan suatu hal. Misalnya mengidolakan seorang tokoh dari dalam negeri, pada bidang kesenian atau seni terdapat tokoh-tokoh yang diidolakan seperti pelukis kenamaan Indonesia Afandi, musisi kontemporer Bagong Koesoediardjo, sineas atau artis wanita Cristine Hakim, seorang negarawan, sastrawan, dan masih banyak lagi.

Masing-masing diidolakan karena memiliki kelebihan dibidangnya, dan kelebihan tersebut menjadi pendorong semangat dan sekaligus menjadi panutan bagi yang mengidolakannya.

Untuk dapat menceritakan kembali sosok tokoh yang diidolakan sebaiknya harus mengetahui tokoh idola tersebut yang berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut : (1) siapa tokoh tersebut, (2) darimana asal tokoh ysng diidolakan, (3) dalam hal apa tokoh itu dikenal, (4) apa saja karyanya yang membuat tokoh itu idolakan, dan (4) hal baik apa yang dapat dicontoh dari tokoh idola tersebut.

Biasanya seorang tokoh menjadi idola karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut (1) banyak dikagumi oleh masyarakat, (2) ahli dibidangnya, (3) memiliki prestasi yang menonjol, dan (4) dapat menjadi teladan atau penutan.

1. Identitas tokoh dan keunggulannya

Setelah membaca teks tokoh yang diidolakan, maka dapat menyebutkan identitas dan keunggulannya.

2. Alasan Mengidolakan

Seseorang menjadi tokoh idola dikarenakan alasan-alasan tertentu.  Sebagai contoh kepandaiannya, kelihaiannya sehingga menjadi juara berkali-kali dan sebagainya.

Agar dapat menceritakan tokoh idola dengan baik dan benar, maka harus memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut (1) carilah data tentang tokoh idola tersebut (riwayat hidup, pribadi, keistimewaan, prestasi dan sebagainya), (2) cari satu tema yang paling menarik tentang tokoh idola tersebut (tema dapat berupa kerja keras dalam mencapai prestasi dibidangnya, perjalanan hidup, kariernya), (3)menambahkan komentar tentang tokoh idola tersebut, dan (4) menggunakan bahasa yang baik.

Perhatikan sebuah teks tentang tokoh idola remaja berikut ini :

Marshanda

Andriani Marshanda yang akrab dipanggil “Caca” maupun “Chacha” ini (lahir Jakarta, 10 Agustus 1989) adalah seorang artis muda bintang sinetron, bintang iklan, penyanyi dan juga pembawa acara. Anak sulung dari tiga bersaudara pasangan Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan (sekaligus menjadi manajer Marshanda sekarang) ini lahir di Jakarta, 10 Agustus 1989 dengan zodiak Leo. Dua saudaranya adalah Aldrian (Didi) dan Allysa (Lisya). Ketika berumur 3-4 tahun dia pernah tinggal di Kota Lumpia, Semarang, di Jalan Pleburan V dekat kampus Undip. Waktu itu ayahnya bekerja sekitar dua tahun di Semarang.

Marshanda memulai karirnya di dunia iklan sejak kelas 1 SD secara tidak sengaja. Saat itu Marshanda menemani tantenya yang model terkenal, Chintya Rustam, mantan model iklan sabun Lux ke ke biro iklan Citra Lintas. Sesampai di sana, Marshanda diminta untuk diikutkan casting. Pada tahun 1997 Marshanda terpilih membintangi iklan Bank Danamon. Selanjutnya, Marshanda membintangi sejumlah iklan televisi maupun media cetak, di antaranya Filma, Cadbury Eclairs, Supermi Ayam Bawang, Es Mony, Tango Wafer, Chicken Nuggets, Carvil Millenium, dan Susu Bendera.

Marshanda yang mengidolakan Christina Aguilera, Britney Spears, dan M2M sudah sejak kecil gemar menyanyi. Dia ikut latihan olah vokal di Paranadjaja dan kursus balet. Namun, dia masih belum percaya diri dengan kemampuannya menyanyi sehingga dia terkadang masih malu untuk bernyanyi di depan orang banyak.

Cita-cita Marshanda adalah menjadi seorang insinyur pertanian, penyanyi, dan psikolog. Keinginan Marshanda untuk menjadi penyanyi mendapat kesempatan saat bertemu dengan seorang pencipta lagu anak-anak terkenal,yaitu Papa T Bob. Awal pertemuan Mashanda dengan Papa T. Bob juga terjadi secara tidak sengaja. Waktu itu Marshanda sering merekam suaranya ketika sedang bernyanyi. Ibunya yang mendengar merasa suara Marshanda bagus dan mencoba mengirimnya ke agensi Marshanda. Entah bagaimana, Papa T Bob mengetahui dan tertarik. Selanjutnya, Papa T Bob langsung membuatkan dua buah lagu untuknya. Papa T. Bob menyiapkan lagu khusus yang pas dengan karakter suara Marshanda. Akhirnya, Marshanda masuk dapur rekaman dengan menjagokan lagu “Gantungkan Cita Cita” ciptaan Papa T. Bob. (sumber: kompetensi berbahasa indonesia: Nia Kurniati Sapari)

Demikian pembahasan secara singkat tentang cara menceritakan tokoh idola, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
Menceritakan Tokoh Idola,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply