Mengenal Lebih Dekat Komik

Artikel, Pendidikan 0
komik

Mengenal Lebih Dekat Komik

Salah satu media komunikasi hiburan adalah komik. Banyak yang beranggapan bahwa isi komik didominasi oleh hiburan untuk anak-anak dan remaja sehingga komik dianggap sebagai bacaan yang tidak berbobot atau berkualitas.

Komik sudah dikenal sejak 3.000 tahun sebelum masehi, yaitu sejak zaman Mesir kuno yang berupa lukisan alam kubur dan kartun binatang pada lembaran papirus. Di eropa Barat komik terkenal sejak zaman paleolitikum yang merupakan penggambaran manusia yang berburu binatang.

Sedangkan perkembangan komik di Indonesia pada awalnya terlihat pada lukisan di candi-candi, prasasti, dan pada daun lontar. Pada tahun 1930 komik Indonesia terbit dalam surat kabar Sin Po, yang berupa komik strip, yang terdiri atas satu atau dua baris gambar tentang petualangan tokoh jenaka.

Di Yogyakarta muncul komik dalam harian Kedaulatan Rakyat sekitar tahun 1948. Pada pertengahan tahun 1950-an terbit komik wayang, yaitu komik Gatot Kaca tahun 1954, dan Raden Palasara tahun 1955. kemudian seiring waktu muncul komik besar Mahabarata dan Ramayana.

Pada tahun 1970-an bermunculan komik saduran atau terjemahan. Pada tahun 1980 banyak bermunculan berbagai jenis hiburan di Indonesia, baik televisi, bioskop, maupun video yang akibatnya kegairahan menulis komik Indonesia (komik lokal) berangsur-angsur surut. Surutnya komik Indonesia disebabkan oelh membanjirnya komik saduran dari luar dan komik lokal dianggap kurang bermutu serta berpenampilan sederhana atau tidak lux.

Menjelang abad ke-21 geliat komik mulai terasa dan mulai banyak diterbitkan lagi yakni dengan munculnya kelompok pekomik yang menyebar terutama di Pulau Jawa seperti di Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Dan sampai saat ini komik-komik lokal terus berkembang dan banyak dibuat oleh para pekomik.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply