Naskah Pidato Hari Kartini

Artikel, Bahasa 0
hari-kartini

Raden Ajeng Kartini

Pada tangal 21 April setiap tahunnya ini diperingati sebagai Hari Kartini. Dimana selalu diisi dengan pidato tentang kepahlawanan Raden Ajeng Kartini yang realitas sekarang ini. Bagi siapapun yang kebagian berpidato di Hari Kartini nanti mungkin butuh beberapa rujukan contoh naskah pidato peringatan Hari Kartini, seperti contoh di bawah ini :

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala  SMP Negeri 2 Sukadana,

Yang saya hormati Bapak Ibu Guru serta Staf Tata Laksana,

Dan tak lupa anak-anaku yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita kebahagian, kesehatan, dan kenikmatan yang tiada hentinya sehingga berkat kemurahan hati-Nya kita bisa mengikuti upacara ini tanpa kurang suatu apapun. Dan tak lupa pula shalawat dan salam kita limpah curahkan kepada tauladan umat islam di seluruh jagad raya ini, nabi Besar Muhammad SAW yang selalu kita nantikan pertolongannya di hari akhir nanti.

Hadirin yang berbahagia,

Tepat pda hari ini tanggal 21 april merupakan hari kelahiran Raden Ajeng Kartini. Sampai saat ini siapakah diruangan ini yang ttidak mengenal beliau ?. Tentu setiap kita sudah tidak asing lagi untuk nama yang satu ini, betapa tidak, sejak usia dini dimasa taman kanak-kanak dahulu sering kali kita memperingati hari kelahiran beliau dengan sebutan “hari kartini”. Di hari itu, semua anak-anak serempak memakai pakaian kebaya khas Raden Ajeng Kartini.

Sejarah panjang yang telah dilakukan oleh beliau walaupun beliau meninggal dalam usia yang masih muda tidak bisa kita lupakan begitu saja. Karena berkat apa yang telah beliau lakukan mampu mengubah kesetaraan gender di Indonesia serta beliau juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan kaum wanita.

Dampak dari perjuangan Raden Ajeng Kartini yang dapat dirasakan hingga saat ini sesuai dengan buku karangannya yang berjudul “habis gelap terbitlah terang”. Dimana sejak saat itu, pelita akan keseimbangan antara wanita dan pria makin bersinar. Wanita akhirnya mampu membuktikan bahwa mereka tidak hanya dilahirkan unutk bergemul didalam rumah menunggu takdir dan menjalankan kewajiban melayani serta berpendidikan rendah.

Hadirin yang berbahagia,

Berkat kegigihan dari R.A Kartini ini, Indonesia kini memiliki seorang wanita yang mampu menunjukkan kepada kita, tidak hanya kaum lelaki di negaranya tetapi juga menunjukkan kepada dunia bahwa wanita juga mampu unutk menjadi setara dan menjadi yang nomor satu.

Perjuangan yang sejauh ini dilakukan oleh R.A Kartini wajib kita teladani, namun jangan lupa dan terbuai bahwa apa yang telah dilakukan oleh beliau belum sepenuhnya selesai. Karena, tugas itu harus kita lanjutkan, dimana masih banyak wanita-wanita di Indonesia yang masih dipandang sebelah mata dan dianggap rendah oleh orang-orang disekitarnya. Tentu hal ini perlu kita selesaikan bersama, agar mereka juga memiliki penghidupan yang layak seperti yang telah dirasaka sebagian besar dari wanita di Indonesia dilain wilayah.

Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini. sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud.

Itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari peringatan Hari Kartini ini.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply