Pemerintah Siapkan 500 Desa Broadband Terpadu Pada Tahun 2016

Artikel, Berita, Teknologi 0
Pemerintah Siapkan 500 Desa Broadband Terpadu Pada Tahun 2016

Ilustrasi

(Cikancah-Cyber) – Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menargetkan pada tahun 2016 ini terdapat 500 Desa terkoneksi dengan internet dan mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan karakteristis, atau sosial masyarakatnya di setiap daerah. Pada tahun 2015 telah terdaftar 50 Desa Broadband terpadu sebagai awal atau contoh untuk program selanjutnya.

Fokus untuk 500 Desa Broadband terpadu ini diutamakan bagi desa-desa yang berada pada daerah tertinggal, terluar dan terjauh. Program tersebut diperuntukan bagi desa pertanian, Nelayan dan desa pedalaman yang diharapkan dengan koneksi internet dapat membantu perkembangan dan cara pandang masyarakat di wilayah tersebut.

Meskipun tidak mudah, program ini tentunya perlu kerjasama dari berbagai pihak, misal yang paling utama adalah ketersediaan listrik dimana hampir disetiap desa perbatasan atau desa pedalaman listrik merupakan barang langka dan meskipun ada hanya berasal dari diesel atau genset yang waktu menyalanya pun diatur.

Tantangan berikutnya menurut pengalaman yang dituturkan Rudiantara (Menkominfo) masyarakat yang baru mengetahui akses internet lebih banyak dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat hiburan, “misal banyak warga malah memutar lagu dangdut lewat ¬†Youtube”

Jadi perlu pendampingan bagi masyarakat desa yang baru mengenal internet yang nantinya diharapkan dapat memanfaatkan akses internet untuk membantu aktifitas bagi para Nelayan, Petani atau masyarakat desa guna mendapatkan ilmu baru sesuai dengan karakteristik dari setiap daerah masing-masing.

Menurut data statistik yang dihimpun, Indonesia memiliki 74.094 desa, dan sekitar 19 ribu diantaranya masuk kategori tertinggal yang menjadi lokasi prioritas dalam mengembangkan internet dipedesaaan. Dari 19 ribu desa tertinggal tersebut terdapat, 8.447 diantaranya memiliki akses sinyal komunikasi yang baik.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply