Pengertian Pengumuman

Bahasa 0
pengumuman1

Pengertian Pengumuman

Pengumuman adalah pesan atau informasi yang disampaikan kepada umum atau publik. Tujuan pengumuman adalah menyampaikan sesuatu agar diketahui masyarakat (publik). Pengumuman berbeda dengan iklan. Pengumuman hanya menyampaikan pesan atau informasi agar diketahui masyarakat. Selain itu, pengumuman berguna untuk kepentingan umum. Iklan tidak hanya bertujuan memberi tahu sesuatu kepada masyarakat. Akan tetapi, iklan juga berupaya agar orang tertarik, kemudian membeli apa yang disampaikan dalam iklan.

Pengumuman terdiri atas dua macam, yaitu pengumuman resmi dan pengumuman tidak resmi. Untuk dapat membedakan keduanya, perhatikanlah contoh-contoh pengumuman berikut.

Contoh Pengumuman 1

OSIS SMP NEGERI 2 SUKADAMA

Jalan Raya Mangkubuni No. 5 Ciamis Telepon (0265) 8515576

PENGUMUMAN

 Nomor: 090 / Pan /SMP-SKD.2/I/2015

Semester I sebentar lagi berakhir. OSIS akan menyelenggarakan kegiatan Pentas Seni dan Kreasi Akhir Semester. Kegiatan itu akan ilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 16-17 Juli 2015 bertempat di Aula Besar.

Seluruh siswa harap menyiapkan penampilan tiap-tiap kelasnya. Demikian pengumuman ini disampaikan.

 

Ciamis, 10 Juli 2015

Ketua,

 

Ruminto

Contoh Pengumuman 2

 PAMERAN AKHIR TAHUN

Tim ekstrakurikuler Art n Design SMP Pertiwi Bandung akan kembali menggelar seluruh karya anggotanya dalam Pameran Akhir Tahun. Tidak hanya karya satu dimensi, tetapi karya-karya dua dan tiga dimensi pun akan digelar. Seluruh anggota diharapkan mempersiapkan diri.

Pameran akan digelar pada tanggal 10-11 Juli  20015 di GOR Madukara, Ciamis. Pameran kali ini akan mengusung tema “Kembali ke Nusantara”.Kehadiran para alumni ekskul Art n Design dan karya-karyanya akan turut memeriahkan acara tersebut.

(Tim Instrukstur Art n Design)

Setelah membaca kedua contoh pengumuman di atas, dapat dirumuskan ciri-ciri pengumuman resmi dan tidak resmi. Isi kedua pengumuman tersebut mudah dipahami. Kita dapat menangkap isi kedua pengumuman tersebut. Hal ini berarti bahwa kedua pengumuman itu sudah menggunakan bahasa yang efektif. Bahasa yang efektif adalah bahasa yang dapat mewakili isi pikiran penulis sehingga pembaca dapat menangkap isi pengumuman dengan mudah.

Dengan memahami isi pengumuman tersebut, kita dapat menentukan pokok-pokok pengumuman. Pokok-pokok pengumuman yang pertama meliputi hal-hal berikut :

  1. Penyelenggaraan kegiatan Pankreas.
  2. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan.
  3. Instruksi agar seluruh siswa mempersiapkannya.

Demikian artikel tentang pengertian pengumuman dan contoh-contohnya.

 

 

Tags:
Rate this article!
Pengertian Pengumuman,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply